Breaking News:

Palu Hari Ini

Dinas PMPTSP Kota Palu Target Investasi Capai Rp 1 Triliun Tahun Ini

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palu menargetkan investasi sebesar satu triliun di tahun ini.

TRIBUNPALU.COM/ALAN
Sekretaris DPM-PTSP Kota Palu Siti Rachmi 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palu menargetkan investasi sebesar satu triliun di tahun ini.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPM-PTSP Kota Palu Siti Rachmi di ruang kerjanya, Jl Balai Kota Selatan, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (26/4/2021) siang.

"Untuk 2021 targetnya itu Rp 323 miliar, tapi itu target yang diberikan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Artinya itu secara nasional," ucap Siti Rachmi

"Tapi kalau secara Rencana Strategis (Renstra) kami dari tahun 2017 sampai 2021 itu mencapai Rp 1 triliun," katanya menambahkan.

Siti Rachmi menjelaskan, target dari pemerintah pusat dan pemerintah kota memiliki perbedaan karena data yang terhimpun dalam BKPM hanyalah yang memiliki modal Rp 500 juta ke atas.

Baca juga: Tinggalkan Istri yang Hamil 8 Bulan, Denny Richi Awak KRI Nanggala Sempat Tunjukan Gelagat Tak Biasa

Sedangkan yang memiliki modal kecil masuk dalam tanggung jawab Pemda sendiri.

Siti Rachmi optimistis target DPM-PTSP Kota Palu yang telah dicanangkan dapat tercapai.

"Jadi kalau kami hitung dari Rp 500 juta ke bawah dan Rp 500 juta ke atas itu ya kami targetnya itu Rp 1 triliun," tutur Siti Rachmi

Siti Rachmi menjelaskan, karena masih dalam keadaan pendemi covid-19, BKPM menurunkan target investasi sebesar Rp 382 miliar.

"Sebenarnya tahun ini ada penurunan target investasi dari BKPM yang awalnya Rp 705 Miliar menjadi Rp 323 miliar di 2021," ujarnya.

Baca juga: Kejar Target, Dinkes Palu Wacanakan Vaksinasi Sampai Malam Hari

Penurunan angka target tersebut selain masih dalam keadaan Pandemi Covid-19  juga dipengaruhi data yang terdapat di aplikasi Online Single Submission (OSS).

"Karena mereka melihat dari aplikasi OSS bahwa mungkin ada usaha-usaha yang belum bisa merealisasikan investasi di Kota Palu karena melihat keadaan kan," jelas Siti Rachmi.

Siti Rachmi menyebutkan, meskipun terdapat penurunan target oleh BKPM, hal itu tidak mempengaruhi target awal DPM-PTSP Kota Palu yang telah direncanakan sejak tahun 2017.(*)

Penulis: Alan Sahrir
Editor: mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved