Breaking News:

Idulfitri 2021 di Sulteng

Idulfitri 2021 di Sulteng: BI Prediksi Kebutuhan Uang Masyarakat Capai Rp 996 Miliar

Bank Indonesia memprediksi jumlah kebutuah uang masyarakat Sulawesi Tengah selama Ramadan dan Idulfitri mencapai Rp 996 Miliar.

Penulis: Nur Saleha | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Kepala Kpw BI Sulawesi Tengah M Majid Ikram 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Bank Indonesia memprediksi jumlah kebutuah uang masyarakat Sulawesi Tengah selama Ramadan dan Idulfitri mencapai Rp 996 Miliar.

Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) BI Sulawesi Tengah M Majid Ikram mengatakan, jumlah itu diperkirakan terdiri dari uang pecahan besar (UPB) 96,36 persen dan uang  pecahan kecil (UPK) 3,64 persen.

Secara nominal jumlah itu meningkat 8,02 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang terealisasi sebesar Rp 960,5 miliar, terdiri dari UPB 97,19 persen dan UPK 2,81 persen.

Peningkatan ini mempertimbangkan perbaikan konsumsi masyarakat dan pemulihan ekonomi dibandingkan tahun 2020.

"Dengan estimasi itu, Bank Indonesia menjamin ketersediaan uang rupiah layak edar kepada masyarakat," jelas Majid di kantornya Jl Sam Ratulangi Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Senin (26/4/2021) siang.

Baca juga: Bolehkah Salat Id di Masjid Jauh, tetapi ada Musala di Dekat Rumah?

Baca juga: Tips Membuat Peyek Renyah Sajian Pelengkap saat Lebaran Idul Fitri, Cukup Ikuti Resep Ini

Baca juga: Kader Demokrat Sulteng Antusias Sambut Kedatangan  AHY, Anwar Hafid: Ini Paling Terasa

Selain itu, perbankan juga menjamin ketersediaan uang layak edar melalui ATM dan layanan perbankan lainnya.

Dengan mempertimbangkan kondisi COVID-19 terkini serta aspek kesehatan masyarakat, layanan penukaran uang rupiah pada dilakukan melalui kantor bank umum yang tersebar di seluruh kota kabupaten di Sulawesi Tengah.

Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021.

Diketahui, BI bersinergi dengan bank menambah outlet layanan penukaran secara nasional guna lebih menjangkau masyarakat.

Dari sebelumnya sebanyak 3.742 jaringan kantor bank pada tahun 2020 menjadi 4.608 jaringan kantor bank pada tahun 2021 di seluruh Indonesia,

Selanjutnya, BI juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 Tahun RI) melalui penukaran di seluruh kantor BI dan jaringan kantor bank.

UPK 75 Tahun RI dapat digunakan untuk bertransaksi dan berbagi selama periode Ramadan.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR https://pintar.bi.go.id, menggunakan 1 KTP untuk menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun RI setiap harinya dan dapat diulang pada hari berikutnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved