Breaking News:

Idulfitri 2021 di Sulteng

Gubernur Longki Djanggola Minta Warga Sulteng Tak Bukber di Tempat Keramaian

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengimbau masyarakat tidak menggelar buka bersama (Bukber) hingga membuat kerumunan.

TRIBUNPALU.COM/SALAM
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengimbau masyarakat tidak menggelar buka bersama (Bukber) hingga membuat kerumunan.

Hal itu sesuai dengan edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 800/2784/SJ tentang pelarangan kegiatan buka puasa bersama Ramadan dan open house/Halal Bihalal saat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Longki mengatakan, pemerintah akan berkoordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah membicarakan hal itu.

"Kami harap Kanwil Agama dapat memberikan sosialisasi terhadap Edaran Menteri Agama dalam pelaksanaan Idulfitri 1442 Hijriah, termasuk imbauan agar tidak ada takbiran Keliling dan open house (Halal Bihalal),” kata Longki Djanggola Rabu (5/5/2021).

Mantan Bupati Parimo dua periode itu menambahkan, pelarangan buka puasa bersama dimaksudkan untuk pengendalian penyebaran COVID-19 di Sulawesi Tengah khususnya.

"Kami imbau masyarakat tidak lagi buka puasa bersama, takbiran keliling dan open house nantinya, kalau mau bisa dilaksanakan dalam lingkungan keluarga saja," ujar elite Gerindra Sulteng tersebut.

Dalam edaran Kemendagri itu menginstruksikan gubernur, wali kota dan bupati untuk mengambil langkah-langkah strategis pencegahan penyebaran dan pengendalian COVID-19.

Salah satunya Pimpinan daerah harus melakukan pelarangan kegiatan buka puasa bersama melebihi jumlah keluarga inti ditambah 5 orang selama Ramadan 1442 Hijriah.

Kemudian menegaskan kepada seluruh pejabat/Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah untuk tidak melakukan open house alias Halal Bihalal saat perayaan Idulfitri tahun 2021 masehi mendatang.

Sementara itu sebelumnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sudah mengeluarkan sejumlah edaran terkait menekan penyebaran Covid-19 selama Ramadan dan Idulfitri 2021.

Di antaranya Pemerintah Provinsi mengeluarkan Surat Edaran 440/370.4/Ro.Adpim, tentang pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah dan/atau Cuti bagi ASN dalam masa pandemi COVID-19.(*)

Penulis: Moh Salam
Editor: mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved