Breaking News:

Idulfitri 2021 di Sulteng

Besok, BMKG Kembali Pantau Hilal dari Sulteng

Rencananya, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kelas l Palu akan kembali melakukan pemantauan Rabu (12/5/2021) besok. 

TRIBUNPALU.COM/NUR SALEHA
BMKG saat pantauan hilal di Gedung Hisyab Rukyat Kemenag Sulteng, di Desa Manara, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Selasa (11/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM, PALU - Hilal penentuan 1 Syawal belum terlihat dari Sulawesi Tengah, Selasa (11/5/2021) sore.

Rencananya, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kelas l Palu akan kembali melakukan pemantauan Rabu (12/5/2021) besok. 

Pantauan itu dilakukan di Gedung Hisyab Rukyat Kemenag Sulteng, di Desa Manara, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Dengan menggunakan teropong astronomis BMKG.

Kasi Observasi BMKG kelas l Palu, Bambang Haryono mengatakan, secara teknis pihaknya belum bisa melihat hilal atau bulan muda.

"Itu di karenakan bulan sudah di bawah ufuk, jadi posisinya bulan itu mendahului terbenamnya matahari, selain itu konjungsi geometrinya terjadi sekitar jam 2 atau jam 3 dini hari tanggal 12 jadi kemungkinan kami tidak dapat," jelasnya.

Baca juga: Detik-detik Pembantaian 4 Warga di Kalemago Poso, 1 Jasad Pekebun Ditemukan Tanpa Kepala 

Baca juga: Dua Hari Jelang Lebaran, Lapak di Jl Re Martadinata Palu Dipadati Pengunjung

Baca juga: Kanwil Kemenag Sulteng Sebut 1 Syawal Jatuh 13 Mei 2021

Dirinya juga mengungkapkan walaupun tak terlihat tapi secara hisab atau perhitungan sudah dilakukan oleh Falaziyah dna lembaga terkait.

"Kami juga sudah melakukan perhitungan, ada di bawah lima derajat tapi tadi kami membuktikan secara langsung menggunakan teropong, jadi bulan itu deluan terbenam jadi kami susah mendapatkan hilal," ungkap Bambang.

Lanjut Bambang mengatakan, karena belum melihat hilal pihaknya akan kembali melakukan pemantauan pada Rabu (12/5/2021).

"Kita akan lakukan pemantauan lagi di lokasi di tower, itu secara nasionl dan Itu juga perintah dari BMKG pusat," tutupnya. (*)

Penulis: Nur Saleha
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved