Breaking News:

Banggai Hari Ini

Pembangunan Belum Rampung, Perusahaan Hulu Migas Belum Bisa Pasok Gas ke PLTMG Banggai

Pembangunan PLTMG berkapasitas 40 mega watt (MW) di Desa Nonong, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah belum juga rampung.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI— Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 40 mega watt (MW) di Desa Nonong, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah belum juga rampung.

Padahal, dua perusahaan hulu Migas di Kabupaten Banggai telah siap memasok kebutuhan gas sebesar 25 mmscfd (million standard cubic feet per day) atau juta standar kaki kubik per hari.

Kesiapan infrastruktur berupa pipanisasi hingga meteran dari JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) dan Pertamina SHU Zona IV Region 13 Donggi Motindok Field itu telah rampung sejak 2019 lalu.

Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas, Damar Setiawan menuturkan, kebutuhan gas sebesar 25 mmscfd itu akan disalurkan kepada PLN dari dua perusahaan hulu Migas di Banggai.

“JOB Tomori sebesar 5 mmscfd. Sedangkan Pertamina Donggi Motindok 20 mmscfd,” ungkap Damar, Sabtu (29/5/2021) lalu.

Baca juga: Satu Lagi Bukti Malaysia-Indonesia Serumpun, Rukun Negara Mirip dengan Pancasila

Baca juga: Raffi Ahmad Gagal Turuti Ngidam Nagita Slavina yang Ingin Beli Villa di Bali: Kita lagi Hemat!

SKK Migas mendorong agar pembangunan PLTMG di Nonong segera rampung agar pasokan gas 25 mmscfd segera disalurkan.

“Kalau 25 mmscfd ini termonetisasi atau dikomersialisasi maka bisa menjadi tambahan penerimaan yang cukup signifikan,” jelasnya.

Selain itu, dipasoknya 25 mmscfd tentunya akan meningkatkan produksi untuk mencapai target produksi nasional sebesar 5600 mmdscfd di tahun 2021.

Damar menambahkan, di beberapa perusahaan Migas di Indonesia kadang tidak capai target, terpaksa harus didorong dari perusahaan lain untuk mencapai produksi nasional.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved