Breaking News:

Central Yamaha Palu

Takut ke Bengkel karena Pandemi, Berikut Tips Perawatan Motor dari Yamaha

Di tengah pandemi virus corona seperti saat ini, perawatan kendaraan tetap menjadi prioritas utama bagi mereka yang suka berkendara.

handover
Guna mendukung perawatan motor konsumen secara maximal, Yamaha juga memberikan kemudahan bagi konsumennya dengan menyediakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) sebagai solusi praktis mengatasi masalah pada sepeda motor. 

TRIBUNPALU.COM - Motor juga bisa 'ngambek' alias rusak jika pemliknya acuh dalam hal perawatan.

Di tengah pandemi virus corona seperti saat ini, perawatan kendaraan tetap menjadi prioritas utama bagi mereka yang suka berkendara.

Mengingat, tak sedikit bengkel yang memilih tutup karena takut tertular atau menyebarkan virus corona ke orang lain.

Maka kamu bisa melakukan perawatan motormu secara mandiri di rumah.

Riyadi Prihartono selaku Manager Service CS Divion PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebutkan, produk sepeda motor yang berkualitas akan semakin terjaga dengan perawatan yang tepat.

Sebagai produsen motor terbesar di Indonesia, Yamaha membagikan tips perawatan motor sehari-hari yang dapat dicoba selama di rumah.

“Bagi konsumen yang belum sempat melakukan perawatan di bengkel Resmi Yamaha, kami akan berbagi tips perawatan motor sehari-hari di rumah dan juga dapat memanfaatkan fasilitas Service Kunjung Yamaha,” ucap Riyadi Prihartono, Selasa (1/6/2021).

Dia menambahkan, pemeriksaan sejumlah bagian penting dari sepeda motor dapat dilihat juga pada buku petunjuk pemilik melalui aplikasi My Yamaha Motor.

"Jika ditemukan ada kendala yang harus diantisipasi dan membutuhkan bantuan teknisi silahkan menghubungi Bengkel Resmi Yamaha terdekat," ujar Riyadi.

Ia juga menyebutkan, guna mendukung perawatan motor konsumen secara maximal, Yamaha juga memberikan kemudahan bagi konsumennya dengan menyediakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) sebagai solusi praktis mengatasi masalah pada sepeda motor.

"Dengan layanan ini, teknisi Yamaha dapat melakukan service di tempat tinggal konsumen yang berhubungan dengan perawatan berkala," kata Riyadi.

Beragam manfaat lainnya pun bisa diperoleh melalui aplikasi My Yamaha Motor, seperti riwayat perawatan motor konsumen, produk, event dan promo menarik dari Yamaha.

Berikut tips dan perawatan motor sehari-hari juga dapat dilakukan konsumen, antara lain:

1. Memastikan aki dalam kondisi baik dengan cara cek fungsi sistem kelistrikan, cek starter , klakson, dan lampu-lampu.

2. Mengecek level ketinggian oli mesin apakah masih dalam batas normal dengan cara membuka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli. Biasakan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 KM ke bengkel resmi Yamaha terdekat.

3. Mengecek kebocoran oli dengan melihat apakah ada tetesan oli atau rembesan oli di sekitar bagian mesin, serta cek suspensi depan dan belakang jika ada rembesan oli.

4. Memeriksa sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal dengan 2 (dua) cara: Memeriksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem.

5. Mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan : 255 kPa/33 psi dan ban belakang : 250 kPa/36 psi

6. Menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor, untuk mencegah karat pada body motor dan bagian lainnya.

7. Menghidupkan motor yang tidak terpakai agar mesin terlumasi dan kondisi aki terjaga.(*)

Penulis: Moh Salam
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved