Indonesia Jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021, Menpora: Kesempatan Kita Lolos di FIBA World Cup 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membenarkan jika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021.

YouTube Sekretariat Presiden
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membenarkan jika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 atau Piala Asia Bola Basket 2021. 

Indonesia Jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021, Menpora: Kesempatan Kita Lolos di FIBA World Cup 2023

TRIBUNPALU.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membenarkan jika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 atau Piala Asia Bola Basket 2021.

Hal itu disampaikannya saa konferensi pers bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Rabu (2/6/2021) yang ditayangkan live di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Rencananya, FIBA Asia Cup 2021 akan diselenggarakan pada Agustus mendatang yang diikuti peserta dari negara-negara Asia Pasifik.

"Kita sudah ditunjuk sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 yang rencananya akan digelar Agustus 2021, dan diikuti peserta dari negara-negara Asia Pasifik," ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan alasan Indonesia menerima tawaran sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021.

Baca juga: Menilik Pengalaman Persib di Piala Menpora, Victor Igbonefo Yakin Liga 1 Digelar dengan Patuh Prokes

Baca juga: Matangkan Persiapan Liga 1 dan 2, PSSI Gelar Rapat Bersama Menpora serta Perwakilan Polri dan BNPB

Baca juga: Evaluasi Hasil Piala Menpora, Persija Jakarta Targetkan Gelar Juara Liga 1 Musim Mendatang

Salah satunya ialah di tahun 2023, Indonesia juga ditunjuk sebagai penyelenggaran untuk FIBA Basketball World Cup 2023.

"Hal yang perlu saya sampaiakan, tahun 2023 kita sudah ditunjuk sebagai penyelanggara FIBA Basketball World Cup 2023," sambungnya.

Peserta yang mengikuti event olahraga internasional itu harus berjuang keras, termasuk dari Indonesia.

Zainudin Amali mengatakan, selain sebagai penyelenggara dari ajang olahraga besar dunia, Indonesia juga harus mempunyai prestasi di bidang tersebut.

"Peserta harus ikut kualifkasi dan kita harus berjuang keras. Niat jadi penyeenggara dan punya prestasi untuk timnas," jelas Zainudin Amali.

Untuk mempersiapkan hal itu, pemerintah Indonesia menerima kesempatan yang diberikan oleh FIBA untuk menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021.

Baca juga: Move On dari Piala Menpora, Persija Jakarta Langsung Gelar Latihan Perdana Pekan Ini

Baca juga: Sukses Raih Piala Menpora, Persija Jakarta Justru Depak Pelatih Sudirman dari Jabatannya

Baca juga: Polri Kaji Ulang Izin Liga 1 2021 karena Ulah Bobotoh dan The Jak Mania Pascagelaran Piala Menpora

FOTO KEGIATAN: Sandiaga Uno melakukan olahraga lari pagi dan bermain basket bersama Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Minggu (17/3/2019).
FOTO KEGIATAN: Sandiaga Uno melakukan olahraga lari pagi dan bermain basket bersama Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Minggu (17/3/2019). (KOLASE Instagram @agusyudhoyono dan Instagram @sandiuno)

Sebab dengan menjadi tuan rumah FIBA ASIA Cup, menurut Zainudin Amali kesempatan Indonesia untuk lolossebagai peserta di FIBA Basketball World Cup 2023 semakin terbuka lebar.

"Karena dari peserta FIBA Asia Cup itu akan diambil 8 besar, nah kalau diselenggarakan di Indonesia tentu peluang itu akan besar untuk kita," jelas Zainudin.

"Itulah sebabnya kenapa kita menggunakan kesempatan untuk menjadi tuan rumah. Hal-hal yang lain yang kami laporkan kepada Presiden adalah tentang kesiapan sarana prasarana dan tim nasional kita," lanjutnya.

Adapun berkaca dari prestasi tim nasional di Asian Games yang berada di posisi 8 besar, Zainudin optimistis tim basket Indonesia bisa meraih prestasi yang baik di FIBA Asia Cup.

Menurut Zainudin, Presiden Jokowi sepenuhnya mendukung langkah persiapan yang diinisiasi Kemenpora.

"Beliau memberikan arahan kepada kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya karena waktunya sudah sangat mepet, kejuarannya akan kita lakukan pada Agustus nanti," pungkasnya.

(TribunPalu.com/Hakim)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved