Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Gelar Rakor Perangkat GWPP Sulteng, Ini Pesan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan

Mulyono berpesan kepada para peserta rakor untuk mempergunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sebab kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh Dirjen

Penulis: Moh Salam
Editor: Dimas Adi Satriyo
TribunPalu.com/Handover
Sekdaprov Sulteng saat bersama Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan saat mengikuti pembukaan rakor GWPP, pada Jumat (4/6/2021) 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan resmi membuka agenda Rapat Koordinasi Perangkat Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) di Provinsi Sulawesi Tengah, pada Jumat (4/6/2021).

Agenda tersebut diselenggarakan di Palu Golden Hotel Jl Raden Saleh No 1 Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Rakor tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Mulyono.

Ketua Panitia Rakor Arfan sangat mengapresiasi atas kehadiran Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan yang merupakan juga staf Kementerian Dalam Negeri selaku pemateri dalam rakor tersebut.

Menurutnya, Rakor Perangkat GWPP merupakan agenda rutin tahunan dengan leading sektor kementerian dalam negeri (Kemendagri) dengan tugas melakukan  koordinasi terhadap unit kerja dan melaksanakan tugas Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat.

"Jadi perangkat GWPP juga bertugas mendukung pelayanan administrasi keuangan, perencanaan umum, menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi melalui Satuan kerja (Satker) di Kemendagri," sebut Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Arfan.

Senada hal itu, Gubernur Sulteng melalui Sekdaprov Mulyono memberikan apresiasi atas terlaksananya rapat koordinasi terkait dengan perangkat di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Pada kesempatan ini saya perwakilan dari Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan selamat datang kepada Bapak Dirjen Kementerian Dalam Negeri dan sekaligus mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya karena berkenan menghadiri kegiatan Rakor ini," ujar Sekdaprov Mulyono, pada Jumat (4/6/2021).

Mulyono berpesan kepada para peserta rakor untuk mempergunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sebab kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh Dirjen Kemendagri.

"Tolong peserta Rakor manfaatkan kesempatan ini," sebut Sekdaprov itu.

Sementara itu Plh. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Suhajar Diantoro dalam arahannya mengatakan, kedudukan GWPP selaku kepala daerah bertugas sebagai penyelenggara urusan otonomi daerah serta melaksanakan TP K/L sementara sebagai Wakil Pemerintah Pusat, bertugas memiliki kewenangan sebagai Binwas penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten kota dan pengawasan TP.

Lebih lanjut Dirjen menjelaskan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dibantu oleh seorang Sekretaris Gubernur dan memiliki fungsi sekretariat dengan 5 unit kerja bidang mencakup bidang pemerintahan, hukum dan organisasi, keuangan, perencanaan dan bidang pengawasan.

"Seluruh komponen pembina tugas, dan wewenang GWPP akan tergabung dalam sekretariat pembinaan Gubernur sebagai pemerintah pusat, Ditjen Bina administrasi kewilayahan sebagai pembina umum pelaksanaan kegiatan, dekonsentrasi Gubernur sebagai Wakil pemerintah pusat, serta pembina teknis masing-masing tugas dan wewenang GWPP akan dibina oleh komponen lingkup Kemendagri yang bersesuaian," pungkas Dirjen Kemendagri.

Struktur organisasi perangkat gubernur sebagaimana tercantum dalam rapermendagri tentang pengaturan pelaksanaan PP 33/2018 telah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Pan-RB melalui surat nomor B/429/M.KT.01/2020 tanggal 21 April 2020 tentang persetujuan rancangan peraturan Menteri Dalam Negeri tentang pelaksanaan PP nomor 33 tahun 2018. (*)

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved