Breaking News:

Parimo Hari Ini

Pemda Parimo Bersama Akademisi Untad dan IPB Gelar Diskusi Terkait Percepatan Ekonomi Desa

Tema diskusi adalah "Menggagas Percepatan Ekonomi Desa Berbasis Sumber Daya Lokal".

Penulis: Ketut Suta
Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) bersama Akademisi Universitas Tadulako (UNTAD) Palu dan Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor menggelar diskusi. 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) bersama Akademisi Universitas Tadulako (Untad) Palu dan Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor menggelar diskusi di Gedung Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parimo, Jumat (4/6/21).

Tema diskusi adalah "Menggagas Percepatan Ekonomi Desa Berbasis Sumber Daya Lokal".

Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad Dr Ir Rusdin MP mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yang telah memfasilitasi diskusi tersebut.

Diharapkan, diskusi dapat mendorong kemajuan pembangunan khususnya di sektor perikanan dan peternakan serta di sektor pertanian.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi? Apa Itu Endemi? Ini Penjelasan Para Ahli

Baca juga: Update Corona Jumat 4 Juni 2021: Tambah 6.486 Orang, Kasus Covid-19 Indonesia Capai 1.843.612

Baca juga: Golden Bakery Fasilitasi Tempat Vaksinasi Untuk Warga Kota Palu

Kata Rusdin, perlu untuk diketahui bahwa ibu Kota Negara Indonesia akan berpindah ke Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2023 dan Sulawesi Tengah merupakan salah satu penyuplai sumber daya terbesar yang ada di Kalimantan.

Olehnya kata Rusdin, Parigi Moutong termasuk salah satu Kabupaten yang memiliki potensi sumber daya yang besar khususnya di bidang peternakan dan perikanan di Sulawesi Tengah.

Rusdin juga menambahkan, fokus kegiatan itu tertuju pada tiga bidang yaitu bidang peternakan, perikanan dan pertanian.

"Saya berharap dengan diskusi ini kita bisa menjalin kerja sama agar dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian masyarakat Parigi Moutong dapat semakin membaik kedepannya, " harapnya.

Sekretaris Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong Krisdayaldi Ponco Nugroho SSTP mengucapkan rasa terima kasih kepada para akademisi dan perwakilan OPD yang menyempatkan hadir di kegiatan diskusi tersebut.

Kata Ponco, Kabupaten Parigi Moutong terdiri dari 23 Kecamatan dan 278 Desa yang mana merupakan salah satu Kabupaten terbesar yang ada di Sulawesi tengah.

"Memang benar Parigi Moutong mempunyai potensi sumber daya yang luar biasa mulai dari air tawar, air laut, pesisir, gunung bahkan danau semua ada di Parigi Moutong," jelas Ponco.

Akan tetapi kata ia, dibutuhkan bimbingan dari para akademisi yang sudah berpengalaman dan telah melakukan penelitian.

"Untuk itu saya berharap, dengan adanya kegiatan diskusi ini akademisi dapat memberikan gambaran dan bimbingan kepada kami agar perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Parimo semakin tumbuh," tutupnya.

Tujuan dari diskusi tersebut tak lain untuk membantu dan memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi tengah khususnya di Kabupaten Parigi Moutong. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved