Breaking News:

Parimo Hari Ini

Kolaborasi Tinombo Bersih, Gerakan Peduli Lingkungan di World Environment Day

Kegiatan yang dilakukan dalam aksi kolaborasi tersebut yakni penanaman bibit mangrove, pungut sampah massal, dan diskusi bertemakan lingkungan.

Handover
Camat Tinombo bersama sejumlah pemuda lintas organisasi dan komunitas se Kecamatan Tinombo menginisiasi aksi bertajuk Kolaborasi Tinombo Bersih, Sabtu (5/6/2021). 

TRIBUNPALU.COM, PARIGI MOUTONG - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Wolrd Environment Day), Camat Tinombo bersama sejumlah pemuda lintas organisasi dan komunitas se Kecamatan Tinombo menginisiasi aksi bertajuk Kolaborasi Tinombo Bersih, Sabtu (5/6/2021).

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam aksi kolaborasi tersebut yakni penanaman bibit mangrove, pungut sampah massal, dan diskusi bertemakan lingkungan.

Camat Tinombo, Tri Nugrah Adiyartha mengatakan, inisiatif kegiatan itu selain merespon hari lingkungan hidup juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya kebersihan dan keberlangsungan ekosistem di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, khususnya Kecamatan Tinombo.

Baca juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BBTNL Bagi-bagi Bibit Pohon Gratis untuk Warga Palu

Baca juga: Menyaksinkan Matahari Terbenam dari Bibir Pantai Salumbone Donggala

"Kita ingin semua bergerak bersama dari semua sektor mulai dari pemerintah, pemuda, hingga masyarakat keseluruhan, dan kita mulai dari aksi kolaborasi seperti ini," ujarnya.

Iqra, salah seorang peserta aksi kolaborasi menuturkan, kegiatan ini perlu berkelanjutan dan harus ditingkatkan.

Sehingga kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan yang bersih, sehat dan lestari terus tergalakkan.

"Harapan kami tidak hanya untuk merespon momentum hari lingkungan hidup tetapi berkelanjutan dengan aksi-aksi kolaboratif yang lain," ujar Ketua Karang Taruna Poluirandu Desa Lombok itu.

Aksi kolaborasi tersebut dimulai pada pagi hari dengan kegiatan penanaman bibit mangrove di lokasi pantai Lolaro Tinombo.

Kemudian dilanjutkan dengan aksi pungut sampah massal yang mengambil rute dari Kantor Camat Tinombo hingga pelabuhan.

Kegiatan berakhir dengan diskusi lingkungan di Gedung Serbaguna Tinombo.

Adapun elemen yang terlibat dalam aksi kolaborasi ini yakni Pemerintah Kecamatan Tinombo, Pemdes Tinombo, Pemdes Ogoalas, Karang Taruna Singalang Desa Tinombo, Karang Taruna Tope Lauje Desa Silabia, Karang Taruna Poluirandu Desa Lombok, Forum Tinombo Berbagi, SD Inpres 1 Tinombo, Alfamidi Tinombo, Kelompok Pecinta Alam (KPA), serta sejumlah perwakilan komunitas di Tinombo. (*)

Penulis: fandy ahmat
Editor: Muh Ruliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved