Breaking News:

Palu Hari Ini

Dimpimpin Diah Puspita, Ini 7 Program Unggulan Dekranasda Kota Palu

Ketua Dekranasda Kota Palu Diah Puspita mengatakan terdapat 7 program unggulan dalam meningkatkan kualitas pengrajin yang kreatif dan inovatif.

Penulis: Alan Sahrir
Editor: Dimas Adi Satriyo
TribunPalu.com/Alan_Sahril
Ketua Dekranasda Kota Palu Diah Puspita priode 2021-2022 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU- Ketua Dekranasda Kota Palu Diah Puspita memaparkan tujuh program unggulan peningkatan kualitas pengrajin yang kreatif dan inovatif.

Itu diucapkan Istri orang nomor satu di Kota Palu itu di Hotel Best Western Palu Jl Basuki Rahmat, Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (10/6/2021) pagi.

Baca juga: Warga Lolu Utara Digegerkan Dengan Penemuan Hiu Terdampar di Sungai Palu

Baca juga: Wings Air Kembali Layani Rute Poso-Makassar, Cek Jadwal dan Tarifnya

"Untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru. Kami telah mencanangkan 7 program unggulan," kata Diah Puspita

Diah Puspita menyebutkan, program pertama ialah meningkatkan inovasi dan kreatifitas serta keterampilan di bidang seni kerajinan bagian budaya bangsa.

"Program ke dua yaitu mengembangkan potensi industri kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya Diah menyebutkan, program ke tiga ialah meningkatkan kemampuan pengrajin dibidang produksi melalui pembinaan teknik produksi.

Peningkatan mutu dan desain produk serta manajemen usaha dan mendorong upaya pelestarian bahan baku.

Dan program ke empat ialah meningkatkan, mempromosikan dan memasarkan hasil produk kerajinan.

Program ke lima yaitu memfasilitasi pengrajin untuk mendapatkan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual berupa hak cipta, merek, paten, desain industri, dan indikasi geografis.

Selanjutnya program ke enam ialah melestarikan dan mengembangkan warisan sejarah budaya yang berkaitan dengan seni kerajinan sebagai bagian budaya bangsa.

Program terakhir, mendorong keterlibatan peran akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media dalam pengembangan industri kerajinan nasional.(*)

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved