Breaking News:

Banggai Hari Ini

Pangkalan TNI AL Segera Dibangun di Kintom Banggai, Pantau Lalulintas Kapal Asing

Pentingnya keberadaan pangkalan TNI AL di Banggai karena Objek Vital Nasional (Obvitnas)

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Dimas Adi Satriyo
TribunPalu.com/Asnawi_Zikri
Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting menyatakan, pangkalan TNI Angkatan Laut di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah akan dibangun pada tahun 2022 mendatang.

Pangkalan tersebut dibangun di atas lahan seluas 5 hektar di Desa Uling, Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Kunjungan ke Sigi, Legislator Sulteng Matindas Dorong Bupati Sigi Maju di Pilkada 2024

Baca juga: Jelang Pelantikan, Ini Agenda Rusdi Mastura

Baca juga: BREAKING NEWS: Kaca Mobil Dipecah, Uang Rp 83 Juta Raib di Palu

"Tahun 2018 lalu, kami dapat hibah lahan dari Pemda Banggai seluas 5 hektare," kata Marthin kepada TribunPalu.com, Senin (14/6/2021).

Pembangunan ini merupakan kebijakan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), sebab dilihat dari luas wilayah dan tempat yang strategis untuk kemaritiman di Kabupaten Banggai memenuhi syarat.

"Sehingga rencanannya akan dibangun pangkalan TNI AL di Banggai tahun depan," tuturnya.

Pentingnya keberadaan pangkalan TNI AL di Banggai karena Objek Vital Nasional (Obvitnas), dan lalulintas kapal asing di perairan kepulauan Banggai untuk mengangkut sumber daya alam seperti minyak dan gas.

"Sehingga perlu diamankan dalam hal perlintasan kapal-kapal dari luar negeri yang akan melintasi kepulauan Banggai," tuturnya.

Sebelumnya, Minggu (13/6/2021), Danlanal Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting telah meninjau lokasi pembangunan pangkalan TNI AL di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Dalam peninjuan itu, Danlanal Palu didampingi Pasintel Lanal Palu Mayor Laut (E) Agung Kuncoro Budiono, Kadepsin Kal Talise Lettu Laut (T) Maman Nur Rohman, serta Paur Sminlong dan BMN Topdam XIII Merdeka Letda Ctp Achmad Soempeno.(*)

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved