STIFA Pelita Mas Palu

Dosen dan Mahasiswa Farmasi STIFA Pelita Mas Palu Sosialisasikan DAGUSIBU Melalui PKM

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi dan Pengetahuan Alam Pelita Mas Palu yang bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) melaksanakan kegiatan PKM

Editor: Putri Safitri
handover
Dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi dan Pengetahuan Alam Pelita Mas Palu yang bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Kabupaten Sigi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

TRIBUNPALU.COM - Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sabtu 29 Mei 2021, dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi dan Pengetahuan Alam Pelita Mas Palu yang bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Kabupaten Sigi melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tema kegiatan yang bertempat di Balai Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah ini adalah “Kenali Penggunaan Obat Secara Tepat dan Kosmetik yang Aman melalui DAGUSIBU serta penyelenggaraan Bakti Sosial”.

Kegiatan  PKM ini secara rutin dan terprogram dilaksanakan tiap semesternya dibawah koordinasi LPPM STIFA Pelita Mas Palu.

Baca juga: STIFA Pelita Mas Palu Mengadakan Bakti Sosial di Sigi, Edukasi Penggunaan Obat yang Tepat dan Aman

Ketua STIFA, Pengelola prodi, LPPM, dan tenaga kependidikan turut hadir mendampingi kegiatan tersebut. Adapun peserta kegiatan terdiri atas bapak-bapak dan ibu-ibu, pemuda pemudi  serta aparat Desa Beka.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan penggunaan obat secara tepat oleh Pemateri apoteker Niluh Puspita Dewi, S.Farm.,M.Si  tentang “Edukasi Penggunaan Sediaan Obat Tetes Secara Tepat Melalui “DAGUSIBU” dengan membagikan materi kepada warga dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab.

Obat pada penggunaan yang tepat menjadi bermanfaat, sedangkan pada penggunaan yang tidak tepat menjadi racun bagi manusia.

Pada kesempatan tersebut, peserta kegiatan dikenali tentang bagaimana mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang (DAGUSIBU) obat dengan tepat.

Baca juga: Bunda Paud Kota Palu Hadiri Wisuda TK Jannatul Mawa, Ini Pesannya pada Para Orangtua

Baca juga: Penilaian Akademisi Untad: Capaian Visi Misi Hadi-Reny Sudah 75 Persen di 100 Hari Kerja

Baca juga: Bupati Amirudin: APBD Banggai Harus Dinikmati Seluruh Masyarakat

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi dan Pengetahuan Alam Pelita Mas Palu yang bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Kabupaten Sigi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi dan Pengetahuan Alam Pelita Mas Palu yang bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Kabupaten Sigi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. (handover)

Baca juga: Satgas VII Banops Madago Raya Vaksin Gratis 40 Warga Tokorondo Poso

Baca juga: Cuti Bersama Natal Dihapus dan 2 Libur Nasional Diubah Tanggalnya, Ini Libur Nasional 2021 Terbaru

Baca juga: Bupati Banggai Harap Kader Golkar Bersatu Demi Masyarakat Adil dan Makmur

Selain pengenalan DAGUSIBU, peserta kegiatan diberikan informasi tentang penggunaan sedian obat tetes dengan benar. 

Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini diharapkan kepada masyarakat mulai mengetahui cara pengelolaan obat dengan baik dan benar khususnya mengetahui lebih dalam penggunaan sediaan obat tetes dengan tepat melalui DAGUSIBU.

Diakhir kegiatan dirangkaikan dengan  bakti sosial berupa pemberian sembako kepada 90 kepala keluarga masyarakat Desa Beka. Sebelumnya Desa Beka merupakan desa terdampak bencana banjir bandang.

Baca juga: Cerita Reni A Lamadjido Ditelepon Pasien Padahal Sudah Jadi Wakil Wali Kota

Kepala desa yang diwakili oleh sekretaris Desa, mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan pengabdian ini, dimana masyarakat diberikan penyuluhan penggunaan obat secara tepat serta adanya bantuan bahan sembako kepada masyarakat yang hadir.

Diharapkan bahwa informasi yang disampaikan tidak putus pada saat kegiatan saja, tetapi dapat diteruskan dalam keluarga dan masyarakat di lingkungan masing-masing. (*)

Cek kegiatan terbaru atau informasi seputar STIFA Pelita Mas Palu disini:

Sumber: Tribun Palu
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved