Breaking News:

Tips Kesehatan

Manfaat Porang untuk Kesehatan Tubuh, Menurunkan Berat Badan dan Kadar Kolestrol

Porang tak hanya memiliki nilai jual tinggu di pasar ekspor tetapi juga segudang manfaat yang baik untuk tubuh karena mengandung glukomanan

Penulis: Putri Safitri | Editor: Putri Safitri
handover
Porang (Amorphophallus oncophyllus) atau dikenal dengan nama iles-iles merupakan tanaman yang termasuk tipe tumbuhan liar berjenis umbi. 

TRIBUNPALU.COM - Porang (Amorphophallus oncophyllus) atau dikenal dengan nama iles-iles merupakan tanaman yang termasuk tipe tumbuhan liar berjenis umbi.

Porang ini memiliki potensi dan prospek untuk dikembangkan di Indonesia, walaupun belum terlalu dikenal di kalangan petani.

Porang sendiri tumbuh secara sporadic di hutan-hutan maupun di pekarangan dan baru beberapa waktu ini Porang mulai dibudidayakan.

Biasanya bisa tumbuh dengan tinggi sekitar 100-250 cm, di di dataran rendah hingga 1000 m di atas permukaan laut dengan suhu antara 25-30 derajat Celsius dan curah hujan antara 300-500 mm per bulan selama periode pertumbuhan.

Bibit Porang biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung.

Ciri Porang adalah mempunyai batang tegak, lunak serta batang halus berwarna hijau atau hitam belang-belang dengan totol putih.

Porang
Porang (handover)

Manfaat Porang untuk Kesehatan Tubuh

Porang tak hanya memiliki nilai jual tinggu di pasar ekspor tetapi juga segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Umbi Porang memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mengandung glukomanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan bisa dengan mudah diolah menjadi bahan pangan dan industri kosmetik. 

Mengutip Kompas.com, berikut segudang manfaat untuk kesehatan yang tersedia dalam tanaman Porang

Halaman
1234
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved