Breaking News:

Sigi Hari Ini

Jangkau Daerah Pelosok, Kominfo Bangun BTS di 10 Kecamatan di Sigi

Pemerintah Kabupaten Sigi akan membangun dan mendirikan Base Transceiver Station (BTS) di 10 Kecamatan.

Penulis: Moh Salam | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Ilustrasi menara BTS 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi akan membangun dan mendirikan Base Transceiver Station (BTS) di 10 Kecamatan.

BTS merupakan salah satu infrastruktur telekomunikasi dengan memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sigi Afit Lamakarate mengungkapkan, pembangunan menara BTS tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ia menyebutkan, sementara lokasi pembangunan menara BTS tersebut antara lain Kecamatan Dolo Selatan, Dolo Barat, Marawola Barat, Gumbasa, Palolo, Pipikoro, Kulawi, Kulawi Selatan, Nokilalaki dan Lindu.

"Untuk jumlah BTS dari Kominfo sementara masih 48 unit, dan lokasinya itu masih bisa berpindah dengan ketersediaan lahan guna pembangunan menara BTS tersebut," ungkap Plt Kepala Diskominfo Sigi Afit, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini, Sabtu 17 Juli 2021: Pangkal Pinang Cerah, Mamuju Hujan sejak Pagi

Baca juga: Benarkah Air Rebusan Ketumbar Berkhasiat untuk Sembuhkan Gangguan Kesehatan Ginjal?

Afit menjelaskan, pembangunan BTS bertujuan memudahkan akses informasi dari desa dan kecamatan.

Sehingga informasi apapun dari desa bisa langsung diketahui pemerintah Kabupaten Sigi.

"Apalagi saat ini kita masih dalam situasi pandemi COVID-19, semua pertemuan itu menjadi melalui online makanya semoga dengan pembangunan BTS ini memudahkan akses informasi baik tingkat desa bahkan ke tingkat pusat," tuturnya.

Sebelumnya dilansir dari Kominfo.go.id, Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana membangun 4.200 BTS di tahun 2021.

Menkominfo Johnny G Plate menjelaskan, diharapkan adanya BTS di seluruh Indonesia khususnya daerah terpencil dapat membantu program pemerintah yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Tahun 2021 itu kami akan bangun 4.200 BTS di setiap desa. Untuk sekarang setiap puskesmas di setiap desa sudah ada menara BTS," pungkas Menkominfo Johnny G Plate. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved