Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Rusdi Mastura Harap Jokowi Keluarkan Instruksi Presiden Dukung Percepatan Rehab Rekon di Sulteng

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berharap adanya Instruksi Presiden untuk mendukung percepatan rehab rekon pasca bencana 2018 silam.

Penulis: Moh Salam | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Rudi sedang mengikuti rakor penanganan pasca bencana di Sulawesi Tengah 2018 silam bersama Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (16/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berharap adanya Instruksi Presiden untuk mendukung percepatan rehab rekon pasca bencana 2018 silam.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi penanganan pasca triobencana di Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Rakor itu digelar secara virtual oleh Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (16/7/2021).

Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Rudi menyampaikan pelaksanaan rehab rekon di Sulteng masih banyak menyisakan permasalahan sehingga terjadi keterlambatan dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Cerita AKP Bogie Bertemu Eks Teroris MIT Poso, Terharu Lihat Perubahan Mantan Napiter

"Seperti pembebasan lahan untuk pembangunan Huntap di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala," ungkap Rudi mewakili Gubernur Sulteng,  Jumat (16/7/2021).

Berdasarkan hal itu, Gubernur Sulawesi Tengah telah mengambil kebijakan untuk percepatan penyelesaian pelaksanaan rehab rekon.

Kebijakan diambil Rusdi Mastura diantaranya menyediakan anggaran sebesar Rp 37 miliar guna percepatan pembangunan jembatan IV dan Huntap Petobo, Penyelesaian rehap rekon di Sigi sebesar Rp 6 miliar, dan Penyelesaian rehab rekon di Donggala Rp 12 miliar 150 juta.

Selain itu kebijakan lainnya ialah percepatan pembangunan huntap Talise untuk pematangan lahan sebesar Rp 3,5 miliar dan pembebasan lahan untuk SPAM Pasigala atas usul dan perhitungan tim apresial sebesar Rp 2,6  miliar.

Baca juga: Berita Populer Sulteng: Warga Pakuli Tolak Pembangunan PLTA hingga Imbauan Kemenag Prokes di Mesjid

"Harapan Gubernur Sulteng, kiranya dapat mendorong seluruh pemangku kepentingan kiranya dapat mempercepat proses rehab rekon dampak bencana di Sulawesi Tengah dengan harapan diakhir 2021 masyarakat sudah dapat tinggal pada hunian tetap," tutur Rudi saat rakor bersama Kementerian Sekretariat Negara.

Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan itu berharap, Pemerintah Pusat dapat segera mengeluarkan instruksi presiden untuk mendukung percepatan pelaksanaan rehab rekon karena ada beberapa pekerjaan yang bersifat teknis.

Dalam rakor itu hadir pula Deputi Bidang Koordinator Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Deputi bidang Pembangunan Manusia, Kantor staf presiden, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Umum Kemendagri, Deputi Rehab Rekon BNBP, Direktur Jenderal Cipta Karya, dan Direktur jenderal penanganan masalah agraria  Kementerian ATR/BPN. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved