Breaking News:

Teroris Poso Tewas

Abu Alim Teroris Poso Tewas di Pegunungan Batu Tiga, Tahun 2012 Sudah Jadi Anggota JAT Bima

Pihak Kepolisian memastikan satu orang teroris Mujahidin Indonesia (MIT) tewas bernama Abu Alim alias Ambo. 

Penulis: fandy ahmat | Editor: Haqir Muhakir
Handover
DPO MIT Poso Abu Alim alias Ambo 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kepolisian memastikan satu teroris Mujahidin Indonesia (MIT) tewas di Pegunungan Batu Tiga Desa Tanalanto, Kabupaten Parigi Moutong bernama Abu Alim alias Ambo. 

Abu Alim tewas tertembak saat kontak senjata dengan Satgas Madago Raya di Desa Tanah Lanto, Kecamatan Torue, Sulawesi Tengah, Sabtu (17/7/2021) pukul 11.30 WITA. 

Penelusuran TribunPalu.com, Abu Alim alias Ambo diperkirakan berusia 27 tahun berasal dari Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Ia merupakan anggota kelompok Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Bima sejak 2012 silam. 

Pendirian JAT sebagai organisasi Islam di Indonesia diinisiasi oleh seorang mantan narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir pada 2008.

Baca juga: DPRD Minta Instansi Terkait Bangun Kembali Jembatan Putus di Desa Sibalago Parimo

Baca juga: VIDEO: Lurah Duyu Blusukan Sosialiasi Protokol Kesehatan Covid-19

Di tahun 2017, sembilan terduga jaringan kelompok JAT di Bima ditangkap Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. 

Mereka ditangkap karena diduga terlibat insiden penembakan anggota Polri Bripka Abdul Gafur dan Bripka Zainal Abidin di Penatoi, Mpunda, Kota Bima, NTB. 

Kemudian pada 2010, anggota JAT di Bima mulai pecah seiring langkah Santoso alias Abu Wardah membentuk kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah

Sejumlah anggota JAT memilih bergabung dengan MIT karena ingin melakukan aksi lebih konkret, seperti latihan dalam menggunakan senjata. 

Abu Alim alias Ambo bersama kedua rekannya, Nae alias Galuh dan Askar alias Jaid alias Pak Guru mulai mengikuti pelatihan militer bersama kelompok MIT Poso pada 2014.

Baca juga: 511 Warga Banggai Masih Berjuang Sembuh dari Covid-19

Sejak saat itu ketiganya masuk daftar pencarian orang (DPO) terkait tindak pidana terorisme. 

Namun berbeda dari nasib kedua rekannya, pelarian Abu Alim harus berakhir di tangan pasukan TNI-Polri tergabung dalam Operasi Madago Raya. 

Abu Alim tewas tertembak di wilayah Desa Tanah Lanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (17/7/2021) pukul 11.30 WITA.

Lima tahun sebelumnya, eks pimpinan MIT Poso Santoso alias Abu Wardah juga berhasil ditembak mati di Pegunungan Ambarana, Kabupaten Poso. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved