Breaking News:

Idul Adha di Sulteng

Desa dan Kelurahan Zona Merah Covid-19 di Banggai Tak Boleh Salat Iduladha Berjamaah

Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah tidak menyarankan pelaksanaan salat Idul Adha 1442 H/2021 M secara berjamaah di desa maupun kelurahan.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
TribunPalu.com/Handover
Ilustrasi Salat Berjamaah 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah tidak menyarankan pelaksanaan salat Idul Adha 1442 H/2021 M secara berjamaah di desa maupun keurahan yang berstatus zona merah Covid-19.

Salat berjamaah hanya bisa dilakukan di masjid atau lapangan terbuka di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19.

Keputusan dalam bentuk edaran ini dikeluarkan Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, berdasarkan rapat bersama antara Pemerintah Kabupaten Banggai, Forkopimda, Satgas Covid-19, organisasi keagamaan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pelaku usaha/pengelola wisata, Senin (19/7/2021).

Dalam edaran itu, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) diminta sebelum menggelar salat Harl Raya ldul Adha di lapangan terbuka atau masjid wajib berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Satgas Covid-19 dan unsur keamanan setempat.

Panitia harus menyiapkan tenaga kesehatan agar standar prtokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan baik, aman dan terkendali.

Baca juga: Pertamina Tambah 68 Ribu Tabung LPG 3 Kg ke Sulteng Selama Iduladha

Baca juga: DPRD Minta Pemkab Bangkep segera Perbaiki Jalan Rusak di Bulagi Selatan

Selain itu, panitia wajib melakukan Rapid Test Antigen secara acak bagi jamaah yang datang.

Bagi anak-anak, lanjut usia atau orang dalam kondisi kurang sehat, baru sembuh dari sakit atau dari perjalanan, dilarang mengikuti salat ldul Adha.

Sedangkan untuk pemotongan hewan qurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R), dan di luar RPH-R dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pemotongan hewan qurban hanya boleh dilakukan oleh panitia pendistribusian daging qurban, dilakukan langsung oleh panitia kepada warga di tempat tinggal masing-masing dengan meminimalkan kerumunan dan kontak fisik satu sama lain. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved