Breaking News:

Palu Hari Ini

Ini Rencana Kadis Baru Disperindag Kota Palu dalam Menekan Kasus Covid-19 di Area Pasar

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu, Ajenkris memaparkan rencananya terkait penanganan COVID-19 di area pasar.

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Dimas Adi Satriyo
TribunPalu.com/Alan_Sahril
Kadis Disperindag Kota Palu, Ajenkris 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu, Ajenkris memaparkan rencananya terkait penanganan COVID-19 di area pasar.

Ajenkris mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar semua pedagang di lingkungan pasar di Kota Palu sudah tervaksinasi.

Hal itu untuk membentuk herd immunity atau kekebalan bawaan, sehingga tidak terjadi klaster di pasar.

"Upaya yang dilakukan secara terpadu yaitu dengan melakukan vaksinasi terhadap pedagang, dan kita sudah mengelompokkan para pedagang agar lebih mudah untuk divaksinasi," kata Ajenkris kepada TribunPalu.com di ruangannya Jl Balai Kota, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (22/7/2021) pagi.

Baca juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Totikum Banggai Kepulauan

Baca juga: Bupati Sigi Minta Data Calon Penerima Stimulan Tambahan Segera Rampung

Menurutnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak bisa diterapkan secara utuh di area pasar, sebab hal itu dapat mempengaruhi roda perekonomian.

Sehingga, ia hanya memerintahkan agar para petugas yang diperintahkan di pasar tidak bosan menasehati dan mensosialisasikan protokol kesehatan COVID-19.

"Kalau pembatasan kegiatan itu dilakukan di pasar, pasti proses pemutaran ekonomi terganggu. Serta petugas yang ditugaskan di pasar pun sudah diimbaukan agar menasehati pengunjung maupun pedagang secara humanis," jelasnya.

Ajenkris menambahkan, penyemprotan disinfektan tidak bisa setiap saat dilakukan di lingkungan pasar.

Karena Disperindag juga tergantung pada persediaan alat serta bahan oleh Dinas Kesehatan.

Sedangkan, jumlah pasar di Kota Palu sangatlah banyak.

"Kita akan melakukan penyemprotan jika terjadi klaster di pasar dan itu tidak setiap saat, karena kami pun tergantung kesediaan alat oleh Dinas Kesehatan Kota Palu," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved