Breaking News:

Perlukah Jokowi Minta Maaf Soal COVID-19? Yunarto: Maaf dari Pemimpin Selalu Diapresiasi Positif

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah meminta maaf.

Editor: Imam Saputro
Kompas TV
Presiden Jokowi. 

TRIBUNPALU.COM - Sejumlah elite pemerintahan belakangan ramai meminta maaf ke masyarakat karena penanganan Covid-19 dirasa tidak maksimal.

Mulai dari para menteri seperti Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir, hingga pemimpin daerah seperti Ridwan Kamil dan Khofifah.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah meminta maaf.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dan Presenter Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa, Rabu (21/7/2021). Yunarto Wijaya mengaku sedih dengan adanya pejabat yang meminta diistimewakan di masa pandemi Covid-19.
Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dan Presenter Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa, Rabu (21/7/2021). Yunarto Wijaya mengaku sedih dengan adanya pejabat yang meminta diistimewakan di masa pandemi Covid-19. (YouTube Najwa Shihab)
 
 
 
Hanya saja, tidak pernah disampaikan secara langsung atau hanya tersirat saja.

Menurutnya, permintaan maaf seorang pemimpin negara justru akan mendapatkan apresiasi baik dari rakyatnya meski dalam kondisi kekecewaan.

"Permintaan maaf di seluruh pemimpin dunia yang pernah meminta maaf, itu selalu diapresiasi positif," kata Yunarto di Mata Najwa, Kamis (22/7/2021).

Yunarto mencontohkan sosok pemimpin seperti Donald Trump atau Bolsonaro yang justru mendapat approval rating rendah karena selalu merasa benar.

Kendati demikian, bukan berarti Presiden Jokowi langsung segera minta maaf ketika dikritik demikian.

"Saya tidak mau ya ketika kita membahas ini, Pak Jokowi lalu minta maaf. Itu juga buruk, seakan-akan ini aksi-reaksi," ujar Yunarto menambahkan.

Pengamat politik yang akrab dipanggil Mas Toto itu meyakini bahwa rakyat akan mengapresiasi apabila Presiden mau meminta maaf atau mengatakan apa adanya soal penanganan Covid-19.

Hal itu justru akan membangun kepercayaan tersendiri meskipun hasilnya mungkin tidak memuaskan.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved