Breaking News:

Virus Corona

Petunjuk Isoman yang Benar Bagi Pasien Covid-19 di Rumah, IDI: Disiplin Minum Obat dan Vitamin

Ikatan Dokter Indonesia menjelaskan prosedur yang benar kepada pasien COVID-19 yang melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah.

Penulis: Muh Ruliansyah | Editor: Putri Safitri
techarp.com
ILUSTRASI 

TRIBUNPALU.COM - Ketua Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) dr Adib Khumaidi, Sp.OT, menjelaskan prosedur yang benar kepada pasien COVID-19 yang melakukan Isolasi Mandiri ( Isoman ) di rumah.

Saat ini Isoman  menjadi prosedur yang harus dilakukan bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

Gejala ringan yang dimaksud diantaranya demam, batuk, anosmia, tanpa adanya gangguan pernapasan.

Melihat kondisi masyarakat Indonesia yang mayoritas belum mengetahui bagaimana prosedur isolasi mandiri ( Isoman ) yang benar,

“Semakin banyak masyarakat yang mengetahui petunjuk isolasi mandiri, maka hal tersebut dapat membantu menaikkan angka kesembuhan dari COVID-19," ungkap dr. Adib Khumaidi, Sp.OT, Ketua Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dokter Adib menyampaikan hal tersebut saat tampil jadi pembicara di webinar “ Petunjuk Isoman, Konsumsi obat, Vitamin, dan Makanan Sehat Bagi Pasien COVID-19” yang diselenggarakan Gerakan #Indonesiapastibisa, Rabu, 28 Juli 2021.

" Protokol kesehatan ini menjadi penting bagi pasien COVID-19. Jangan lupa lakukan pemantauan kesehatan secara mandiri untuk melihat perkembangan kondisi kesehatan," ungkap dr Adib Khumaini.

Webinar “Petunjuk Isoman, Konsumsi Obat, Vitamin, dan Makanan Sehat Bagi Pasien Covid-19” yang diselenggarakan Gerakan #Indonesiapastibisa, Rabu, 28 Juli 2021.
Webinar “Petunjuk Isoman, Konsumsi Obat, Vitamin, dan Makanan Sehat Bagi Pasien Covid-19” yang diselenggarakan Gerakan #Indonesiapastibisa, Rabu, 28 Juli 2021. (dok)

Jika terjadi pemburukkan, dr Adib menyarankan agar segera menghubungi Satgas COVID-19 dan rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

"Semua protokol kesehatan ini harus dilakukan supaya kita semua bisa mengatasi pandemic COVID-19 ini di Indonesia” Jelas dr. Adib.

Dr Adib juga mengingatkan, bagi pasien COVID-19 isolasi mandiri (Isoman), disiplin mengonsumsi obat dan Vitamin juga menjadi hal yang penting.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved