Breaking News:

UIN Datokarama

Calon Mahasiswa Baru UIN Datokarama 2021 Meningkat 60 Persen

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah Kementerian Agama selalu menjadi pilihan masyarakat utamanya generasi muda.

Penulis: fandy ahmat | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/FANDY
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Prof Abidin Djafar 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Jumlah pendaftar calon mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama 2021 meningkat 60 persen dari tahun sebelumnya. 

Hal ini diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Prof Abidin Djafar, Sabtu (31/7/2021). 

"Dari tahun ke tahun peminat terhadap perguruan tinggi ini terus meningkat. Tahun ini jumlah peminat UIN Datokarama Palu sebanyak 5.000 lebih, meningkat dibanding tahun 2020 sekitar 3.000 orang," kata Prof Abidin. 

Menurut Prof Djafar, ini menunjukkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah Kementerian Agama selalu menjadi pilihan masyarakat utamanya generasi muda.

Baca juga: Kemenag Siapkan Rp399,9 Miliar untuk 2.666 Madrasah

Jumlah peminat itu dapat dilihat dari tiga jalur seleksi, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) dan Mandiri. 

Namun dari hasil seleksi panitia nasional dan daerah, tidak semua peminat dapat diterima untuk kuliah di PTKIN termasuk di UIN Datokarama.

Untuk UIN Datokarama, peserta lulus seleksi jalur SPAN sebanyak 728 orang, UMPTKIN 633 orang dan Mandiri 763.

“Semua mahasiswa baru dari tiga jalur pendaftaran itu akan mengikuti beberapa tahapan selanjutnya, di antaranya matrikulasi, pembinaan di Mahad Aljamiah dan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK),” ucap Prof Abidin.(*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved