Breaking News:

Trending Topic

Fakta-fakta Soal Taliban, Siapa Mereka? Apa Tujuannya? Apa yang Terjadi saat Ini di Afghanistan?

Taliban, sebuah organisasi militer yang pernah digulingkan oleh pasukan AS pada 2001, sekarang menguasai lebih dari setengah ibu kota di Afghanistan

Editor: Putri Safitri
handover
Seorang pejuang Taliban memegang granat berpeluncur roket (RPG) di Herat, kota terbesar ketiga di Afghanistan Jumat (13/8/2021), setelah pasukan pemerintah ditarik keluar sehari sebelumnya setelah berminggu-minggu dikepung. 

TRIBUNPALU.COM - Berikut kumpulan fakta soal Taliban, sebuah organisasi militer yang pernah digulingkan oleh pasukan AS pada 2001, sekarang menguasai lebih dari setengah ibu kota provinsi di Afghanistan.

Mereka juga secara bertahap mengepung ibu kota Kabul, sebuah kota yang kejatuhannya akan menandakan kontrol penuh kelompok fundamentalis Islam itu atas Afghanistan.

Dalam serangan terakhir mereka, para pejuang Taliban dilaporkan telah menguasai provinsi Logar, yang berjarak sekitar 80 kilometer dari ibu kota.

Baca juga: Satgas Madago Raya Bantu Warga Perbaiki Penampungan Air Bersih di Pedalaman Poso

Di tengah situasi yang memburuk, Amerika Serikat dan Inggris mengerahkan ribuan tentara, tetapi hanya untuk mengevakuasi warganya sebelum Washington secara resmi mengumumkan berakhirnya perang selama dua dekade.

Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinan bahwa kelompok Islam garis keras itu mungkin dapat menggulingkan pemerintah yang dipimpin Ashraf Ghani dalam waktu tiga bulan, menurut laporan media AS.

Hal itu akan membuat kembalinya Taliban di pucuk pimpinan setelah hampir dua dekade.

Namun, siapa sebenarnya Taliban dan apa tujuan mereka?

Baca juga: Aksi Jambret Ponsel di Banggai Terekam CCTV, Polisi Buru Pelaku

Baca juga: Pasien Covid-19 di RS Anutaloko Parimo Meninggal Dunia, Satgas Minta Warga Taat Prokes

Berikut hal-hal yang perlu diketahui seputar Taliban, dilansir Hindustan Times dan BBC:

1. Siapa Itu Taliban?

Pejuang Taliban berdiri di atas kendaraan polisi yang rusak di sepanjang pinggir jalan di Kandahar pada 13 Agustus 2021. (AFP)

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved