Breaking News:

Teroris di Indonesia Ingin ke Afghanistan usai Kemenangan Taliban, Pengamat: Ancaman Baru Bagi Dunia

Kelompok teroris di Indonesia disebut menyambut gembira keberhasilan Taliban menguasai seluruh wilayah Afghanistan.

Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Euforia anggota Taliban setelah berhasil menguasai Kota Kabul, Afghanistan. 

TRIBUNPALU.COM - Kelompok teroris di Indonesia disebut menyambut gembira keberhasilan Taliban menguasai seluruh wilayah Afghanistan.

Salah satu kelompok teroris di Indonesia, Jamaah Islamiyah dikabarkan ingin ke Afghanistan di bawah pemerintahan Taliban.

Hal tersebut menyusul klaim Taliban telah berhasil mengakhiri perang selama 20 tahun.

Taliban telah menguasai Ibu Kota Afghanistan, Kabul pada Senin (19/8/2021).

Kebangkitan Taliban di Afghanistan menurut mantan teroris dan pengamat terorisme, telah menggelorakan "euforia" atau semangat bagi anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Indonesia.

Melansir Kompas.com, namun kelompok JI disebut belum bergerak, baik hijrah ke Afghanistan atau melakukan aksi teror di Indonesia karena masih menunggu dan melihat sikap Taliban, apakah terbuka bagi kelompok terorisme atau tidak.

Baca juga: Taliban Kejatuhan Durian Runtuh Usai Kuasai Afghanistan, Kini Punya Persenjataan Canggih Amerika

Jamaah Islamiyah adalah kelompok yang berafiliasi dengan jaringan teroris Al-Qaeda pimpinan Osama Bin Laden yang dekat dengan Taliban.

Densus 88 Antiteror Polri menangkap 37 orang yang diduga teroris di 10 provinsi sejak 12 Agustus lalu dan disebut mereka merencanakan tindakan teror pada 17 Agustus.

Sebagian besar dari yang ditangkap adalah kelompok JI.

Pada era tahun 90-an, anggota JI Indonesia melakukan pelatihan militer di Afghanistan dan kemudian diyakini melancarkan serangkaian aksi teror di Indonesia - di antaranya bom Bali, bom Kedutaan Besar Australia hingga bom Hotel Marriot Jakarta - yang menewaskan ratusan orang.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved