Breaking News:

Lawan Covid 19

Gubernur Instruksikan Dinas PMD Sulteng Ikut Tangani Covid-19

Dinas PMD Sulteng memberi masukan dalam penggunaan dan pengawasan dana desa untuk Covid-19 serta sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat.  

Penulis: Moh Salam | Editor: mahyuddin
handover
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura saat menerima kunjungan Kadis PMD Sulawesi Tengah terkait penanganan Covid-19 di desa-desa, Jumat (20/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulteng ikut terlibat tangani Covid-19 di Desa-desa.

Hal itu diungkapkan Gubernur Rusdi Mastura saat menerima Kadis PMD Sulteng, Jumat (20/8/2021).

Dalam kunjungan Kadis PMD itu hadir pula Plt Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Rohani Mastura dan Jubir Pusdatina Covid-19 Adiman.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura meminta Dinas PMD Sulteng supaya melibatkan tenaga pendamping desa untuk maksimalkan penanganan Covid-19.

"Tolong Kadis PMD supaya keterlibatan tenaga pendamping desa lebih dioptimalkan dalam Penanganan Covid-19," ucap Rusdi Mastura, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: RSUD Undata Selidiki Kasus Pasien Covid-19 Meninggal dengan Wajah Lebam

Pria dengan sapaan Cudi itu menjelaskan, Dinas PMD Sulteng memberi masukan dalam penggunaan dan pengawasan dana desa untuk Covid-19 serta sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat.  

“Intinya sekarang masker karena Covid-19 tidak akan pernah selesai kalau masyarakat tidak sadar, kalau terus menerus begini menderita juga kita,” jelasnya.

Mantan Wali Kota Kota Palu dua periode tersebut memaparkan, 8 persen dari dana desa yang dialokasikan untuk Covid-19 dapat dipakai desa untuk membeli obat dan menanggung biaya hidup masyarakat yang isolasi mandiri.

Baca juga: Update CPNS 2021:Kapan Tes SKD CPNS 2021 Dilaksanakan?BKN:Target Seleksi CPNS 2021 Rampung Desember

Hal itu supaya masyarakat sedang isoman tidak perlu berobat sampai ke rumah sakit jika belum urgen. 

“Desa itu bisa mandiri dalam menangani Covid-19, karena ada dana desa tinggal dia kolaborasi dengan puskesmasnya,” jelas Cudi.

Sementara itu Kadis PMD Sulteng Zubair menyebutkan,  rencananya Senin mendatang (23/8) akan melaksanakan koordinasi virtual dengan para Kadis PMD kabupaten/kota dan kepala desa.

"Jadi agendanya itu evaluasi posko desa dan dana desa untuk Covid-19," jelas Kadis PMD Sulteng Zubair. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved