Breaking News:

Tips Kesehatan

Micin Bisa Bikin Bodoh dan Buruk bagi Kesehatan, Benarkah Demikian? Berikut Fakta Sebenarnya

Micin atau Monosodium glutamat (MSG) merupakan penyedap rasa yang banyak digunakan di Indonesia. Bernarkah micin bisa bikin bodoh?

Editor: Ananda Putri Octaviani
Istimewa via Tribunwow
Penyedap rasa masakan atau MSG. Meski banyak digunakan, micin pernah memiliki reputasi buruk sebagai penyedap makanan, micin dianggap dapat berpengaruh kepada otak dan buruk bagi kesehatan. 

TRIBUNPALU.COM - Micin atau Monosodium glutamat (MSG) merupakan penyedap rasa yang banyak digunakan di Indonesia. 

Hampir setiap masakan yang berharap rasa gurih akan menggunakannya. 

Micin  juga banyak terkandung di berbagai jenis makanan instan dan makanan kemasan.

Meski banyak digunakan, micin pernah memiliki reputasi buruk sebagai penyedap makanan, micin dianggap dapat berpengaruh kepada otak dan buruk bagi kesehatan. 

Baca juga: Wapadai Berbagai Gangguan Mata yang Ditimbulkan Akibat Diabetes 

Baca juga: Cara Obati Sariawan dengan Ketumbar, Lengkap dengan Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

Bahka di Indonesia sempat dikenal dengan istilah generasi micin yang berkonotasi sebagai generasi yang malas atau bodoh.

Tetapi itu tidak hanya terjadi di Indonesia, banyak orang di berbagai negara yang menganggap micin tidak baik bagi kesehatan.

Micin atau MSG adalah garam natrium dari asam amino umum asam glutamat yang sebenarnya secara alami ada dalam tubuh kita.

Melansir Discover Magazine, MSG memiliki reputasi buruk karena sindrom restoran China yang muncul pertama kali di Amerika Serikat. 

Sebuah surat tentang 'sindrom restoran Cina' yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1968, memicu kekhawatiran tentang konsumsi MSG.

Penulis, yang diidentifikasi sebagai Robert Ho Man Kwok, melaporkan merasa mati rasa di bagian belakang lehernya dan kelemahan umum setelah makan di restoran Cina di Amerika Serikat kala itu.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved