Breaking News:

PON Papua

Mangkir dari Latihan, Satu Atlet Takraw Putri Sulteng Gagal Ikut PON Papua

Akyko dicoret dari daftar Atlet Sepak Takraw putri Sulteng dan gagal ikut serta di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua. 

Penulis: fandy ahmat | Editor: mahyuddin
Handover/Instagram Akyko.Kapito
Atlet sepak takraw wanita Sulteng Akyko Micheel Kapito 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sulawesi Tengah (Sulteng) memutuskan mencoret atlet Akyko Micheel Kapito karena dianggap telah melanggar aturan. 

Akyko dicoret dari daftar Atlet Sepak Takraw putri Sulteng dan gagal ikut serta di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua. 

Keputusan itu disampaikan dalam surat resmi Pengurus Provinsi PSTI Sulteng Nomor 10/PENGPROV.PSTI-ST/III/2021 perihal Degradasi Atlet PON, tertanggal 15 Maret 2021.

Pelatih Sepak Takraw Putri Sulteng Sandrina L Kaliey membantah informasi beredar jika Akyko dicoret karena adanya miskomunikasi. 

Baca juga: Persiapan Menuju PON Papua, Atlet Sepatu Roda Sulteng Masih Temui Kendala di Puslatda

Ia mengatakan, polisi wanita berpangkat Briptu itu didegradasi karena selalu mangkir saat sesi latihan. 

"Dia (Akyko) selama dua bulan tidak pernah hadir latihan. Takraw itu bekerja secara tim, bukan perorangan. Ini hasil keputusan bersama PSTI Sulteng. Jadi bukan karena mis komunikasi," kata Sandrina, Selasa (31/8/2021). 

Sandrina menjelaskan, surat degradasi dikeluarkan karena sang atlet tak kunjung memenuhi panggilan. 

Justru, kata dia, Akyko merasa keberatan jika surat tersebut turut dilayangkan ke Sat Brimob Polda Sulawesi Tengah tempatnya bertugas. 

Baca juga: Atlet Takraw Briptu Akyko dapat Pin Emas dari Kapolri Idham Azis

"Pimpinan dan teman-temannya sudah memanggil bahkan dengan surat. Tapi tidak pernah datang dengan alasan sedang mengikuti pendidikan. Ketika kami cek ternyata dia tidak sedang pendidikan," ujar Sandrina. 

"Dia protes ketika surat degradasi kami teruskan ke tempat dia bekerja. Sementara itu sesuai administrasi organisasi. Dengan dicoretnya Akyko, hanya ada empat atlet takraw putri yang akan mewakili Sulteng di ajang PON Papua," ucapnya menambahkan. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved