Breaking News:

Banggai Hari Ini

Masyarakat Sulteng Diimbau Konsumsi Pangan Lokal untuk Cegah Stunting

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menghadiri kegiatan diversifikasi pangan lokal dan gelar buah nusantara tahun 2021, Rabu (8/9/2021) siang.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
handover
Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menghadiri kegiatan diversifikasi pangan lokal dan gelar buah nusantara tahun 2021, Rabu (8/9/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menghadiri kegiatan diversifikasi pangan lokal dan gelar buah nusantara tahun 2021, Rabu (8/9/2021) siang.

Kegiatan dipimpin langsung Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir ini dilaksanakan secara virtual.

Gerakan diversifikasi pangan sebagai wujud apresiasi pemerintah daerah terhadap pentingnya konsumsi pangan lokal, sayur dan buah.

Diversifikasi konsumsi pangan tidak dimaksudkan untuk mengganti beras secara total, tatapi mengubah pola konsumsi pangan, sehingga masyarakat akan mengkonsumsi lebih banyak jenis pangan.

“Karena betapa pentingnya pasokan pangan lokal termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran, kita harus kerja keras lagi agar kebutuhan lokal bisa terpenuhi dengan baik,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tengah, Abdullah Kawulusan.

Baca juga: KM Tiga Putri Hilang Kontak di Perairan Banggai Laut, Basarnas Palu Lakukan Pencarian

Baca juga: Aneka Resep Olahan Mie Favorit Keluarga yang Enak: Sosis Gulung Mie hingga Bakwan Bihun Udang

Komitmen dan konsistensi yang dibangun harus dijaga dengan baik, terutama dari aspek masalah penganggaran membutuhkan sinergitas di semua pihak.

"Kami berharap kepada para Bupati dan walikota se Sulawesi Tengah agar menjadi perhatian kita, dan saya perlu sampaikan bahwa beberapa Bupati sudah melakukan sinergitas mendukung bagaimana mengembangkan pertanian keluarga,” kata Abdullah.

Wakil Gubernur Ma’mun Amir menyampaikan, indikator untuk mengetahui capaian diversifikasi konsumsi pangan adalah skor pola pangan harapan yang ditentukan oleh konsumsi 9 komponen pangan.

Yaitu padi-padian, umbi-umbian, pangan hewani, minyak dan lemak, buah/biji berlemak, kacang-kacangan, gula, sayur dan buah serta komponen lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved