Breaking News:

Sigi Hari Ini

Pemkab Sigi Dorong Komoditas Vanili di Palolo untuk Penguatan Ekonomi

Implementasi perluasan UMK dan UMB di Sigi khususnya dalam komoditas Vanili sudah dilaksanakan sejak 2019 silam.

Penulis: Moh Salam | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/SALAM
Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Sigi mengikuti rakor bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas RI), Rabu (8/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi mengikuti rapat koordinasi pengembangan kemitraan strategis komoditas Vanili secara virtual bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas RI).

Rakor itu dilaksanakan secara luring di aula Kantor Bupati Sigi, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (8/9/2021).

Rakor itu diikuti langsung Bupati Sigi Mohamad Irwan dengan didampingi Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Sigi.

Sementara dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas RI) oleh Direktur Pengembangan Usaha kecil Menengah dan Koperasi Ahmad Dading Gunadi.

Dalam rakor tersebut membahas antara lain pelaksanaan kegiatan Implementasi Perluasan Model Kemitraan Strategis antara Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Besar (UMB) di Kabupaten Sigi pada komoditas vanili.

Diketahui Implementasi perluasan UMK dan UMB di Sigi khususnya dalam komoditas Vanili sudah dilaksanakan sejak 2019 silam.

Pengembangan kemitraan komoditi Vanili tersebut kepada petani di Kecamatan Palolo, Sigi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengungkapkan, agar kerjasama ini terus berkesinambungan dan para off taker menetapkan harga dan berapa standar jumlah yang dibutuhkan dalam sekali panen, serta kawasan lokasi pengembangan usaha vanili di Kecamatan Palolo.

Sehingga penguatan ekonomi pada masyarakat sekitar dari hasil vanili nantinya menjadi baik dan sejahtera.

"Kerja sama usaha antara UMK dengan UMB, disertai pembinaan dan pengembangan oleh Usaha Menengah dan atau Usaha Besar, dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan," jelas Irwan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved