Breaking News:

Lawan Covid

Pemkab Sigi Gratiskan Layanan Swab Antigen untuk Warganya

Pemerintah Kabupaten Sigi memberikan layanan Rapid test Antigen secara gratis kepada masyarakatnya.

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
handover
Bupati Sigi Mohamad Irwan saat memimpin rapat koordinasi beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi memberikan layanan Rapid test Antigen secara gratis kepada masyarakatnya.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan, layanan rapid test antigen tersebut diberikan tanpa biaya sepeserpun untuk warga berdomisili ataupun memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sigi.

"Mulai hari ini akan dibuka pos pelayanan rapid test antigen gratis di posko Covid-19 Kabupaten Sigi, atau tepatnya di Klinik Gusdur di Desa Tulo, Kecamatan Dolo," Ungkap Bupati Sigi Mohamad Irwan, Kamis (9/9/2021).

Ia menjelaskan, untuk ketersediaan rapid test antigen berasal dari Dinas Kesehatan Sigi dan juga BPBD Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca juga: Satlantas Polres Sigi Bagikan Masker ke Pengunjung Pasar Pewunu di Marawola Sigi

Baca juga: Tips Presentasi Secara Virtual Agar Menarik Perhatian Audiens, Simak 3 Tipsnya Berikut

Mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Donggala itu menuturkan, pelayanan rapid test antigen secara gratis tersebut dalam rangka peningkatan upaya testing dan tracing.

"Jadi dalam rangka peningkatan upaya Testing dan Tracing sebagai bagian proses penyelidikan epidemiologi dan pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Sigi," tuturnya.

Ia menjelaskan, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menetapkan penggunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen, sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis dan skrining Covid-19 dalam kondisi tertentu.

Hal ini juga tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/446/2021 tentang Penggunaan Rapid Diagnostic Test Antigen dalam Pemeriksaan Covid-19.

Irwan juga menyebutkan, langkah ini diambil sebagai upaya bersama dalam rangka peningkatan testing dan tracing yang bagian proses pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. 

Baca juga: Wakil Bupati Sigi Janji Selesaikan Masalah Banjir dan Longsor

Baca juga: Cuaca Buruk Hambat Pencarian KM Tiga Putri yang Hilang di Perairan Banggai Laut

"Sekali lagi bahwa tes ini diberlakukan gratis bagi seluruh warga Sigi, cukup dengan membawa KTP Sigi, rapid test gratis ini juga berlaku bagi ASN, TNI/Polri, Karyawan Swasta yang bekerja di Sigi," Sebut Bupati Sigi.

Politisi Partai Golkar tersebut berharap, segala upaya yang dilakukan mulai dari penerapan protokol kesehatan, pemberlakuan jam malam, percepatan vaksinasi hingga peningkatan upaya 3T (testing, tracing dan treatment) diseluruh wilayah Kabupaten Sigi, mampu menekan angka kasus konfirmasi covid-19 di wilayah Kabupaten Sigi. 

Informasi dihimpun TribunPalu.com, waktu pelayanan swab Antigen tersebut setiap hari Senin sampai Jumat.

Pelayanan akan dibuka selama 3 jam, mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WITA.

Lokasi layanan tersebut bertempat di Posko Covid-19 Kabupaten Sigi di Desa Tulo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved