Breaking News:

Parimo Hari Ini

Jelang PON ke-22 Sulteng-Go, KONI Parimo Siapkan Atlet Tangguh

Tahun 2028 mendatang direncanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-22 diselenggarakan di Pulau Sulawesi yaitu Sulawesi Tengah dan Provinsi Gorontalo.

Penulis: Moh Salam | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Parigi Moutong Faisan Badja. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, PARIMO - Tahun 2028 mendatang direncanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-22 diselenggarakan di Pulau Sulawesi yaitu Sulawesi Tengah dan Provinsi Gorontalo (Sulteng-Go).

PON ke 22 itu akan semakin menarik disebabkan diselenggarakan di dua tempat antara lain di Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Gorontalo

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Parigi Moutong Faisan Badja mengungkapkan, jika Sulteng-Go dipercayakan menjadi tuan rumah PON maka tentunya jauh hari sebelumnya harus mempersiapkan atlet-atlet tangguh yang dapat memperkuat Sulawesi Tengah.

Ia menyebutkan, atlet-atlet tangguh akan lahir dari Parigi Moutong.

Hal itu dikarenakan atlet-atlet Parimo multi talenta dan banyak menguasai berbagai Cabang Olahraga (Cabor). 

"Buktinya, 2 orang atlet Putra Putri Parimo di Cabor Dayung mewakili Sulteng pada PON ke-20 di Papua yang akan diselenggarakan 10 Oktober mendatang, itu sebenarnya basicnya di Cabor atletik," ungkap Ketua KONI Parimo Faisan Badja, Jumat (10/9/2021).

Faisan menjelaskan, asal mula 2 orang atlet dayung tersebut sebenarnya mempunyai bakat di cabor atletik yang ikut di Smano, namun kata ia setelah pencarian bakat melalui psikotest, kedua atlet itu rupanya mahir pula di cabor dayung.

Selanjutnya setelah melalui proses, 1 orang dari 2 atlet tersebut lolos masuk Pelatihan Nasional (Pelatnas) di Jakarta disamping ikut ajang Internasional di Smano. 

"Alhamdulillah kemarin kami dari KONI atas dukungan Pemda Parigi Moutong memberikan tambahan uang saku kepada 2 atlit Dayung kami yang akan berangkat PON di Papua," jelasnya. 

Ia pun menuturkan, dimasa pandemi Covid-19 saat ini semuanya menjadi lambat, utamanya keterlambatan pembinaan dan fasilitas olahraga, tetapi itu tidak menjadi halangan pihaknya apalagi Parimo telah sukses menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2019.

Sehingga KONI bersama Pemda Parimo terus memberikan dukungan terhadap kemajuan olahraga di Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. 

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu bisa membangunkan beberapa sarana olahraga yang ada di Tinombo, karena kalau fokus di Parigi semua agak susah, mengingat ditahun berikutnya tahun 2028 wacana kita Provinsi Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah PON bersama Gorontalo," terangnya. 

"Ketua KONI Sulteng dan Gubernur Sulteng telah bertemu Menpora dan hampir semua daerah telah mendukung bahwa Sulteng-Go jadi tuang rumah PON ke-22 tahun 2028 setelah Aceh PON ke-21 tahun 2024. Semoga proses dan tahapanya berjalan dengan baik," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved