Breaking News:

Sigi Hari Ini

Rakor PTSL Sigi, Bahas Pembuatan Sertifikat Tanah Gratis

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyambut baik dan mengapresiasi BPN Kabupaten Sigi terkait program yang diterapkan di wilayah Mareso Masagena.

Penulis: Moh Salam | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/SALAM
Bupati Sigi Mohamad Irwan membuka rapat koordinasi (Rakor) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dan virtual, Selasa (14/9/2021), di Aula Kantor Bupati Sigi, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Sigi, Sulawesi Tengah. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Bupati Sigi Mohamad Irwan membuka rapat koordinasi (Rakor) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hadir Kepala Badan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sigi Juwahir dan Febrianto dan Kepala Bagian Administrasi Pemerintah Sigi.

Rakor tersebut dilaksanakan secara luring dan virtual, Selasa (14/9/2021), di Aula Kantor Bupati Sigi, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Sigi, Sulawesi Tengah.

Secara virtual dihadiri seluruh camat dan kepala desa se-Kabupaten Sigi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyambut baik dan mengapresiasi BPN Kabupaten Sigi terkait program yang diterapkan di wilayah Mareso Masagena.

Hal itu membantu masyarakat Sigi dalam pembuatan sertifikat tanpa dipungut biaya atau gratis. 

"Dimohon agar para camat dan kepala desa mensosialisasikan program ini agar berjalan sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat Sigi," ujar Mohamad Irwan Selasa (14/9/2021).

Program PTSL merupakan proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. 

Melalui program itu, pemerintah nantinya memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas tanah yang dimiliki masyarakat tersebut.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN.

Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti sandang, pangan, dan papan.

Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved