Breaking News:

6 Resep Ramuan Herbal Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19 versi Kementerian Kesehatan

Enam resep ramuan herbal yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh di tengah Pandemi COVID-19, resep ini direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan

Editor: Imam Saputro
sajiansedap.grid.id
6 Resep Ramuan Herbal Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19 versi Kementerian Kesehatan 

TRIBUNPALU.COM - Enam resep ramuan herbal yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh di tengah Pandemi COVID-19, resep ini direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Resep ini menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar rumah namun memiliki khasiat tinggi,

Kementerian Keseharan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui Direktorat Jendreal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) mengeluarkan surat edaran terkait pemanfaatan obat herbal

Di antaranya mengenalkan enam resep obat herbal atau jamu yang bisa menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19. 

Surat edaran tersebut keluar dengan nomor: HK.02.02/IV/2243/2020 tentang pemanfaatan obat tradisional untuk pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit dan Perawatan Kesehatan tertanggal 19 Mei 2020. 

Tetapi surat edaran tersebut kembali viral dan banyak disebarkan melalui Whatsapp grup terutama ketika Covid-19 sedang melonjak belum lama ini.

Dilansir dari situs resmi Kemenkes RI, bahkan terdapat narasi yang menyebutkan jika herbal tersebut diperuntukkan sebagai obat Covid-19. 

Sekretariat Dirjen Yankes kemudian membantah narasi tersebut dan mengatakan resep ramuan herbal yang dicatat dalam surat edaran bukanlah obat Covid-19 atau untuk terapi Covid-19. 

"Sebenarnya Surat Edaran ini bertujuan untuk memperjelas penggunaan ramuan obat tradisional untuk  pemeliharaan   kesehatan,   pencegahan   penyakit,  dan perawatan kesehatan termasuk pada masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan/atau Bencana Nasional Covid-19," tulis Sekretariat Dirjen Yankes dalam klarifikasinya, Selasa (22/6/2021).

"Dan meningkatkan  dukungan  dan kerja sama lintas sektor dan Pemerintah Daerah, khususnya dalam pemberian informasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan tanaman obat berupa obat tradisional Indonesia."

Di dalam surat edaran tersebut juga tercantum beberapa jenis tanaman herbal dan khasiatnya untuk kesehatan, di antaranya bisa mengurangi gejala Covid-19 seperti:

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved