Sigi Hari Ini

World Clean Up Day, Sejumlah Relawan Bersihkan Jalan Utama di Sigi

Pemerintah Kabupaten Sigi bersama Koordinator World Clean Up Day (WCD) Sigi menggelar puncak kegiatan aksi bersih dan pilah sampah dari rumah.

Penulis: Moh Salam | Editor: Muh Ruliansyah
TRIBUNPALU.COM/MOH SALAM
Sejumlah relawan membersihkan sampah di Jl Karanja Lembah dalam rangka World Clean Up Day Kabupaten Sigi, Sabtu (18/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi bersama Koordinator World Clean Up Day (WCD) Sigi menggelar puncak kegiatan aksi bersih dan pilah sampah dari rumah.

Kegiatan WCD di Sigi dilakukan dengan melibatkan sejumlah komunitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga turut berpartisipasi dalam kegiatan WCD Sigi.

Puncak kegiatan WCD di Sigi, Sabtu (18/9/2021) dengan titik kumpul Perempatan Biromaru Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.

Aksi tersebut dimulai pukul 08.00 Wita dengan menyusuri sejumlah titik, seperti Jl Karanja Lembah, Jl Gurutua Kalukubula,  Jl Lando dan Jl Lasoso.

Koordinator Aksi WCD Sigi Moh Ifin mengungkapkan, setiap relawan diberikan masker, sarung tangan, dan karung sebelum turun memungut sampah-sampah di pinggir jalan.

"Sepanjang jalan Karanja Lembah itu banyak kami temukan sampah-sampah seperti sampah rumah tangga, sampah pampers dan sampah masker bekas, serta sampah plastik ini banyak sekali kami temukan di pinggir jalan, dan selokan-selokan," ungkap Ifin Kepada TribunPalu.com,  Sabtu (18/9/2021).

Ia mengatakan, puncak kegiatan WCD Sigi fokus pada pengumpulan sampah-sampah plastik dan sampah rumah tangga.

"Kita itu fokusnya ke sampah tercecer seperti sampah plastik, sampah laut dan sampah rumah tangga," tuturnya.

Ifin berharap, kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat agar dapat melakukan pemilahan sampah dari rumah sebelum dibuang ke TPA.

"Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat bisa memahami pemilahan sampah dari rumah, terus yang kami inginkan masyarakat itu sadar akan bahaya sampah plastik," tandasnya.

Sebelumnya, selama dua hari, WCD Sigi bersama Dinas Lingkungan Hidup Sigi melakukan pre Event di beberapa lokasi perumahan.

Lokasi hari pertama di kompleks perumahan Aisya Residance  1 dan 2 serta perumahan green garden.

Selanjutnya hari kedua di Kompleks Hunian Tetap di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved