Breaking News:

Siapa Itu Saiful Mahdi? Dosen Unsyiah Banda Aceh yang Amnestinya Disetujui Presiden Jokowi

Siapa itu Saiful Mahdi, dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang dapat amnesti dari Presiden Jokowi?

Editor: Imam Saputro
Kompas.com
Saiful Mahdi 

TRIBUNPALU.COM - Siapa itu Saiful Mahdi, dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang dapat amnesti dari Presiden Jokowi

Permohonan amnesti terpidana kasus Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang juga dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Saiful Mahdi, telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfu MD, mengatakan pemerintah telah selesai memproses permintaan amnesti Saiful.

Sebelum melapor pada Presiden Jokowi, ujar Mahfud, ia sempat berdialog dengan istri dan kuasa hukum Saiful.

Dalam pertemuan yang digelar 21 September 2021 itu, SAFEnet serta tiga akademisi, yaitu Zaenal Arifi Mochtar, Nikmatul Huda, dan Herlambang, turut mendampingi.

Setelahnya, Mahfud rapat bersama pimpinan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), serta pimpinan Kejaksaan Agung.

Mahfud MD turut merespon atas beberapa situasi yang kontroversial terkait dengan kejadian di sejumlah tempat, termasuk pembakaran mimbar di Makassar
Mahfud MD (istimewa)

"Dan saya katakan kita akan mengusulkan kepada Presiden untuk memberikan amnesti kepada Saiful Mahdi."

"Lalu tanggal 24 saya lapor ke Presiden, dan Bapak Presiden setuju untuk memberikan amnesti,” kata Mahfud dalam keterangan resmi Tim Humas Kemenko Polhukam pada Selasa (5/10/2021), dilansir Tribunnews.

Kemudian di tanggal 29 September 2021, Surat Presiden (Surpres) mengenai persetujuan amnesti untuk Saiful, sudah dikirim pada DPR untuk dimintakan pertimbangan.

Hal ini sesuai Pasal 14 ayat 2 UUD 1945, dimana Presiden harus mendengarkan DPR terlebih dulu jika akan memberikan amnesti dan abolisi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved