Breaking News:

Sigi Hari Ini

Pemkab Sigi Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Binangga

Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri Konsultasi Publik I penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Binangga 2021-2041.

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/MOH SALAM
Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri Konsultasi Publik I penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Binangga 2021-2041, Kamis (14/10/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri Konsultasi Publik I penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Binangga 2021-2041, Kamis (14/10/2021) siang.

Sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Tahun 2021 dalam Peraturan Menteri ATR/BPN nomor 11 Tahun 2021 tentang pedoman penyusunan RDTR Kabupaten. 

Konsultasi Publik itu digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib dalam rangka pemenuhan persyaratan kelengkapan dokumen," ungkap Bupati Sigi Mohamad Irwan, Kamis (14/10/2021).

Mohamad Irwan menjelaskan, RDTR kawasan perkotaan Binangga ini perlu disusun untuk menentukan arah pembangunan di perbatasan Sigi.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Capai 50 Persen Jumlah Murid dan Guru jadi Syarat PTM di Palu

Baca juga: Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Konsumsi 7 Bahan Alami Berikut, Kopi Bisa Jadi Pilihan

Sehingga nantinya lebih terarah dan sesuai dengan peruntukan tata ruangnya. 

"Jadi melalui forum ini diharapkan para peserta yang terdiri dari berbagai elemen yang berkompeten di bidangnya, dapat memberikan masukan berupa saran dan pendapat guna kelancaran penyusunan dokumen RDTR kawasan perkotaan Binangga ini," jelasnya.

Dia menyebutkan, agar nantinya RDTR yang telah disusun ini benar-benar mempunyai desain yang disesuaikan dengan kondisi wilayah Sigi.

Menurutnya, penyusunan RDTR kawasan perkotaan Binangga dan kawasan lainnya juga diharapkan untuk memperhatikan daerah prioritas.

Hal itu sesuai yang telah direncanakan sebagai daerah kawasan wisata dan ekonomi produktif bagi IKM KabupatenSigi. 

Sehingga selain memiliki tata ruang yang tertib juga memiliki nilai ekonomis bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Sigi

"Wilayah Sigi kan rawan bencana Jadi dengan perencanaan ini harus lebih baik dan tepat, guna meminimalisir resiko bencana tersebut, " tutur Irwan. 

Hadir dalam kegiatan itu Plt Kepala Dinas PU dan Perumahan Sigi, para Kepala Dinas dan perwakilan OPD lainnya, dan para Camat.

Selain itu hadir pula Tenaga Ahli Perencanaan Tata Kota, Balai Kementerian PUPR, Badan Pertanahan Nasional Sigi, serta para Akademisi Universitas Tadulako. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved