Breaking News:

11 Siswa MTs Harapan Baru Ciamis Tewas Terseret Arus saat Ikuti Kegiatan Susur Sungai

Sebelas siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, tewas akibat terbawa arus Sungai Cileueur, saat susur sungai kegiatan Pramuka.

Tribunjabar.id/Andri M Dani
Sejumlah siswa MTs Harapan Baru Cijeungjing, tenggelam di Sungai Cileuer, Leuwi Ili Dusun Wetan RT 01/01 Desa Utama Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021). 

TRIBUNPALU.COM - Kegiatan susur sungai kembali menelan korban jiwa.

Sebalas siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, tewas akibat terbawa arus Sungai Cileueur, saat susur sungai kegiatan Pramuka di lokasi tersebut, Jumat (15/10/2021).

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Herdiat menyebut, hal itu sesuai keterangan para saksi di lokasi.

Sejatinya, air di sungai itu relatif tenang. Namun, pada Jumat siang tiba-tiba ada arus kuat dari hulu ke muara sungai dan menyeret seluruh korban hingga tewas tenggelam.

"Memang kondisi airnya itu tenang, diduga 11 orang pelajar ini terbawa arus yang kuat dan menuju muara sungai. SAR gabungan menemukan para korban berada di sana, semuanya," ujar Herdiat di lokasi kejadian, Jumat malam.

Baca juga: Thomas Cup 2020: Jonatan Christie Bawa Indonesia ke Semifinal, Skor Akhir 3-0 atas Malaysia

Herdiat menjelaskan, kegiatan susur sungai telah rutin dilakukan pihak MTs Harapan Baru.

Namun, kali ini kegiatan ekstrakurikuler sekolah tersebut menyebabkan 11 siswa meninggal dunia dan sebagian besar berasal dari luar daerah Ciamis.

"Kami sempat berkunjung mendatangi sekolah MTs Harapan Baru Cijantung dan dari mereka yang ikut melakukan susur sungai, kelas 7 dan 8 ada 150 orang. Sudah kembali ke sekolah 139 orang. Dari 11 orang yang belum kembali ke sekolah, ada delapan laki-laki dan tiga orang perempuan, hingga mereka ditemukan dalam kondisi telah meninggal dunia," ujar Herdiat.

Saat kejadian, beberapa guru yang mendampingi kegiatan itu berupaya menolong para korban, tapi tak berhasil.

Salah satu guru yang mencoba menolong para korban pingsan di lokasi dan segera mendapatkan pertolongan medis.

"Ada beberapa orang guru pengajar sekarang ini masih mendapat pertolongan setelah mereka berusaha menyelamatkan siswanya, tapi enggak berhasil," ujar Herdiat.

Sebelumnya diberitakan, 11 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jabar, tewas tenggelam saat acara susur sungai kegiatan Pramuka di Sungai Cileueur, Leuwi Ili, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021).

Ada 150 peserta susur sungai, di mana 11 siswa di antaranya meninggal dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tragedi Susur Sungai Ciamis, Air Meluap dari Hulu dan Sapu 11 Siswa MTs Harapan Baru hingga Tewas", 
Penulis : Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha
Editor : David Oliver Purba

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved