Breaking News:

Gempa di Sulteng

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Bangkep dan Warga Sempat Panik, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan 5.3 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Senin (8/11/2021) sekitar pukul 13.05 Wita.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover/BMKG
Gempa berkekuatan 5.3 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Senin (8/11/2021) sekitar pukul 13.05 WITA. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Gempa berkekuatan 5.3 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Senin (8/11/2021) sekitar pukul 13.05 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi terletak pada koordinat 0,78° LS; 123,55° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 km arah Timur Laut Kota Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dengan kedalaman 12 kilometer.

Getarannya terasa hingga ke Luwuk, Kabupaten Banggai.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di Timur Laut Banggai Kepulauan dengan kedalaman 11 kilometer.

Gempa ini juga sempat membuat warga berhamburan keluar rumah, dan menghindari bangunan.

BMKG menyebut, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Luwuk III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Taliabu III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," terangnya. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved