Breaking News:

Vaksinasi di Sulteng

Pemkot Palu Tunggu Juknis Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Layanan vaksinasi untuk saat ini hanya untuk anak di atas usia 12 tahun ke atas.

Penulis: Alan Sahrir | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/ALAN
Reny A Lamadjido di Jl Malonda, Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Senin (8/11/2021) pagi. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM,PALU - Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido belum menginstruksikan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

Itu karena Reny A Lamadjido belum mendapatkan petunjuk teknis terkait vaksinasi anak usia 6-11 tahun

"Belum ada juknis, baru sekedar informasi bahwa vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun bisa dilakukan," ucapnya kepada wartawan usai menghadiri Workshop Monitoring dan Evaluasi di Swiss Bell Hotel, Jl Malonda, Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Senin (8/11/2021).

Reny A Lamadjido menuturkan, layanan vaksinasi untuk saat ini hanya untuk anak di atas usia 12 tahun ke atas.

"Kita tidak bisa melakukan vaksinasi hanya berdasarkan informasi dari TV dan media saja tanpa petunjuk teknis langsung dari pusat," ujar Direktur RS Anutapura itu.

Reny A Lamadjido memastikan vaksinasi anak 6-11 tahun akan digalakkan jika juknis sudah ada dari pusat.

Dikutip dari pom.go.id, vaksin Sinovac (Vaksin Coronavac produksi Sinovac Life Science Co., Ltd China dan Vaksin COVID-19 PT Bio Farma) disetujui untuk indikasi pencegahan Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 untuk anak usia 6-11 tahun. 

Perizinan pemberian vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini didasari atas adanya peningkatan kasus infeksi COVID-19 yang cukup tinggi pada anak usia 6-18 tahun, yaitu mencapai 10 persen.

Pihak BPOM bersama dengan Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) serta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga telah melakkukan pengujian terhadap khasiat dan keamanan dari vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun.

Dari hasil studi-studi tersebut, dapat disimpulkan bahwa Vaksin Sinovac dinyatakan aman dan dapat memberikan respons imun yang baik pada anak usia 6-11 tahun.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved