Breaking News:

Banggai Hari Ini

Patut Dicontoh, Nelayan Uwedikan Banggai Terapkan Sistem Buka Tutup Lokasi Penangkapan Gurita

Setelah itu, nelayan gurita di Desa Uwedikan, baik laki-laki, maupun perempuan turun ke laut menangkap di lokasi yang sudah ditutup selama tiga bulan

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: mahyuddin
handover
Nelayan Desa Uwedikan, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menangkap gurita. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI – Praktek pengelolaan sumber daya laut dan pesisir dengan sistem buka tutup di Desa Uwedikan, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, patut dicontoh.

Sistem itu mengatur nelayan untuk menangkap Gurita di empat lokasi seluas 147 hektare.

Keempat lokasi itu ditutup selama tiga bulan, per tanggal 21 Agustus 2021 dan dibuka kembali 20 November 2021, sesuai kesepakatan bersama. 

Pembukaan lokasi itu pun dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Banggai Benyamin Pongdatu dan disaksikan Kepala Seksi I  Unit Pelaksana Tekhnis Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau Kecil (UPT KKP3K) Banggai Hendra Kadir, didampingi Kepala Seksi UPT KKP3K Banggai Kepulauan Mulyawan Rizki. 

Selain nelayan, hadir dalam peresmian ini adalah Kepala Desa Uwedikan, Kepala BPD, bersama tokoh masyarakat.

Pembukaan lokasi penangkaran Gurita di laut lepas itu berlangsung di Desa Uwedikan, ditandai dengan pemberian alat tangkap Gurita ramah lingkungan.

Baca juga: 20-25 November, PLN Jadwalkan Pemadaman Listrik di Banggai hingga Morowali Utara

Yaitu manis-manis (imitasi Gurita) dan gara-gara (umpan Gurita yang menyerupai kepiting) dari kepala dinas dan kepala seksi I UPT KKP3K kepada nelayan. 

Setelah itu, nelayan gurita di Desa Uwedikan, baik laki-laki, maupun perempuan turun ke laut menangkap di lokasi yang sudah ditutup selama tiga bulan itu.

Tidak sampai di situ, Kepala Desa Uwedikan Lapulo, beserta tokoh agama, juga turun bersama nelayan menangkap Gurita menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved