Pilkades di Banggai

VIDEO: Polres Banggai Siapkan Pasukan Amankan Voting Day Pilkades Serentak 1 Desember 2021

Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III tahun 2021 di Ma

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III tahun 2021 di Mapolres Banggai, Senin (22/11/2021). 

AKBP Yoga mengatakan, apel pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan terakhir kesiapan pengamanan Pilkades jelang voting day 1 Desember 2021. 

“Baik aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya,” kata Yoga. 

Dia mengaku, pengalaman pesta demokrasi pada Pilkada Serentak 2020 lalu, masyarakat Kabupten Banggai telah mampu menunjukkan kesadaran yang cukup tinggi dalam menyampaikan aspirasinya.

Secara umum pelaksanaan Pilkada dapat dinilai berhasil dan sukses. 

Baca juga: Kejar Tahanan Kabur, Lapas Palu Minta Bantuan Polisi dan BNN

Baca juga: Pekebun Temukan Kerangka Mayat Manusia di Petobo Palu, Diduga Korban Likuefaksi Petobo

“Hal ini berkat partisipasi seluruh warga masyarakat dan segenap komponen yang ada di Kabupaten Banggai," tuurnya.

Keberhasilan itu dapat dijadikan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan pemilihan Pilkades Serentak 2021.

Untuk pelaksanaan Pilkades, AKBP Yoga menyebutkan, Polres Banggai dan jajarannya serta didukung oleh Polda Sulteng, TNI dan Linmas serta pemangku kepentingan lainnya telah siap mensukseskan dan mengamankan Pilkades Serentak di Banggai.

Rencana pengamanan yang didasari perkiraan keadaan intelijen terhadap segala kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan. 

Dengan sasaran pengamanan seperti calon dan penyelenggara Pilkades, kotak suara, surat suara, peralatan atau barang yang digunakan sebagai alat  penunjang Pilkades  tahun 2021, lokasi, dan objek vital lainnya, serta kampanye dan pertemuan-pertemuan yang ada hubungannya dengan kegiatan Pilkades.

Baca juga: Kapolres Palu Ingatkan Anggotanya Jaga Kondisi Kendaraan

Baca juga: Mahasiswa Teknik Sipil dan Mesin Bersitegang di Untad, Rektorat Bereaksi dan Fakultas Libur 2 Hari

Perwira pangkat dua melati ini mengungkapkan, sebanyak 65 desa yang mengikuti Pilkades 2021 di Kabupaten Banggai.

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengamanan Pilkades, Polres Banggai mengerahkan 303 personil ditambah dengan kekuatan BKO dari Brimobda Sulteng sebanyak 1 peleton, prajurit TNI, dan kekuatan Linmas 130 personil. 

 “Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under  estimatee dan kurang waspada terhadap setiap dinamika  perkembangan masyarakat,” ucap Yoga. 

Apalagi, lanjut mantan Kapolres Sigi Polda Sulteng ini, dimasa pandemi Covid-19 saat ini, semua harus lebih  peduli.

Jangan  sampai  kegiatan  Pilkades tahun 2021 ini dapat menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19. 

“Untuk itu, saya harapkan seluruh Kapolsek mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif  serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi  berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai  dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah,” paparnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved