Breaking News:

STIFA Pelita Mas Palu

STIFA Pelita Mas Palu Gelar Sosialisasi Bertajuk Optimalisasi Potensi Bisnis Berbasis Herbal

Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan pengabdian masyarakat mempunyai peran penting yang setara dengan pendidikan dan penelitian.

Editor: Muh Ruliansyah
handover
Wakil DPRD Kabupaten Sigi, Dinie Dewi Mariaty, perwakilan Kepala Desa, Wakil Ketua I STIFA, Niluh Puspita Dewi didampingi Ketua LPPM dan Ketua PC IAI Kabupaten Sigi. 

TRIBUNPALU.COM - Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan pengabdian masyarakat mempunyai peran penting yang setara dengan pendidikan dan penelitian.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh STIFA Pelita Mas Palu kali ini mengangkat tema “Optimalisasi Potensi Bisnis Berbasis Herbal Serta Penyelenggaraan Bakti Sosial” di Desa Sopu Kecamatan Nokilalaki, Kabupaten Sigi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, (20/11/2021) di kantor Desa Sopu, di mana masyarakat dikumpulkan oleh aparat desa.

Baca juga: BUMN IFG Buka Lowongan Kerja untuk 37 Posisi, Segera Cek Syaratnya dan Buruan Daftar sebelum Ditutup

Kegiatan ini dilaksanakan secara kolektif yang diikuti oleh seluruh dosen dan beberapa mahasiswa STIFA Pelita Mas Palu serta Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sigi.

Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIFA Pelita Mas Palu.

Penyuluhan kepada kelompok masyarakat tani terkait dengan edukasi Potensi Bunga Telang Sebagai Antioksidan dalam Produk Olahan Seduhan Teh Herbal, dilakukan dalam bentuk pembagian leaflet kepada peserta penyuluhan sebanyak 70 orang sesuai dengan target peserta.

Penyuluhan dilakukan untuk menyampaikan informasi secara umum tentang Edukasi Potensi Bunga Telang Sebagai Antioksidan dalam Produk Olahan Seduhan Teh Herbal.

Pemateri yang merupakan salah satu dosen STIFA Pelita Mas Palu, Niluh Puspita Dewi menyampaikan materinya dalam bentuk ceramah menggunakan leaflet.
Pemateri yang merupakan salah satu dosen STIFA Pelita Mas Palu, Niluh Puspita Dewi menyampaikan materinya dalam bentuk ceramah menggunakan leaflet. (handover)

Herbal tea atau teh herbal merupakan salah satu  produk  minuman campuran teh dan tanaman herbal yang memiliki khasiat dalam membantu pengobatan suatu penyakit atau sebagai minuman penyegar tubuh.

Potensi bunga telang telah dibuktikan melalui beberapa penelitian, salah satunya  sebagai antioksidan, maka untuk memudahkan dalam penggunaan dalam masyarakat maka perlu diolah menjadi seduhan dari bunga segar maupun bunga kering seperti seduhan teh.

Cara pembuatan seduhan teh bunga telang kering yaitu:

  1. Disiapkan 10 kuntum bunga telang kering.
  2. Dicuci bersih bunga telang.
  3. Direbus air 5 liter tambahkan 1 batang serai, masukkan bunga telang, tunggu sampai air rebusan berubah warna menjadi biru keunguan, lalu angkat, dan saring.
  4. Karena teh bunga telang cenderung mempunyai rasa yang tawar maka dapat ditambahkan madu secukupnya atau perasan jeruk lemon supaya memiliki manfaat yang lebih bagi tubuh.
  5. Dikemas menggunakan botol dengan diberi  label  nama  produk  supaya lebih menarik dan memiliki nilai jual lebih.
  6. Dapat disimpan di lemari pendingin.

Cara menyeduh teh bunga telang segar yaitu:

  1. Petik 2-3 helai bunga telang segar
  2. Lalu seduh dengan air panas, diamkan selama 10 menit
  3. Untuk menambah rasa dapat ditambahkan perasan lemon, gula atau madu secukupnya.

Pengabdian ini juga dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis yakni (pemeriksaan gula darah, asam urat dan juga kolesterol) serta adanya pembagian sembako.

Berdasarkan nilai persentase perindikator pada kuisioner yang telah dibagikan kepada 30 responden, maka nilai rata-rata persentasi kepuasan masyarakat/mitra terhadap kegiatan PKM di Desa Sopu, Kecamatan Nokilalaki, Kabupaten Sigi adalah merasa puas dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh STIFA Pelita Mas Palu bekerja sama dengan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Sigi.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved