Breaking News:

Trending Topic

Terjun ke Laut, 9 AKB Selamat dari Kebakaran KM Berkat Niaga di Perairan Bembang Jebus

9 AKN berhasil selamat dari kebakaran KM Berkat Niaga. Kini para korban dievakuasi dan diistirahatkan di Pos Angkatan Laut Muntok.

Editor: Putri Safitri
Istimewa/Basarnas Bangka Belitung
Kapal KM Berkat Niaga mengalami kebakaran, di perairan Pantai Bembang, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (1/12/2021). \ 

TRIBUNPALU.COM - Sembilan Anak Buah Kapal (AKB) berhasil selamat dari kebakaran KM Berkat Niaga.

Kini para korban dievakuasi dan diistirahatkan di Pos Angkatan Laut Muntok.

Hal ini diungkapkan Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursandi saat dikonfirmasi terkait kondisi terkini para ABK kapal.

"Kita koordinasi dengan Danpos AL Muntok, kita sepakati untuk diinapkan Pos AL Muntok. Jadi sembilan ABK dibawa dari Jebus ke Muntok," ujar Achmad Nursandi, Rabu (1/12/2021).

Sebelumnya diketahui Kapal KM Berkat Niaga dengan muatan karet mengalami insiden kebakaran, di perairan Pantai Bembang, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat sekitar pukul 17.45 WIB lalu.

Akibat kejadian tersebut sembilan ABK harus terjun ke laut guna menyelamatkan diri, dan berhasil diselamatkan oleh nelayan sekitar dan Basarnas Bangka Belitung.

Selain itu untuk kondisi ABK, Sandi mengungkapkan tidak ada ABK yang mengalami luka berat atau pun ringan dari kejadian tersebut.

"Sesudah diselamatkan di bawa ke rumah warga, lalu kita dari BPBD koordinasi dengan Puskesmas Jebus untuk kondisi penumpang dalam keadaan sehat. Gak ada luka alhamdulillah sehat, sudah diperiksa petugas medis," ungkapnya.

Sementara itu terkait penyebab kebakaran masih belum diketahui, usai KM Berkat Niaga direncanakan melakukan perjalanan dari Palembang menuju Pontianak.

Diduga Akibar Koersleting Listrik

Danpos AL Muntok, Kapten Laut (T) Yuli Prabowo membeberkan dugaan, terkait terbakarnya KM Berkat Niaga dikarenakan adanya korsleting listrik dibagian mesin kapal.

"Dugaan sementara karena korsleting listrik di kamar mesin, jadi kapal itu sudah dua kali melakukan pelayaran. Pertama Pangkalbalam ke Pontianak, sekarang dari Palembang ke Pontianak," ujar Kapten Laut (T) Yuli Prabowo, Kamis (2/12/2021).

Sebelumnya diketahui Kapal KM Berkat Niaga dengan muatan karet mengalami insiden kebakaran, di perairan Pantai Bembang, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat pada Rabu (01/12/2021) sekitar pukul 17.45 lalu.

Akibat dari kebakaran tersebut sembilan ABK, harus menyelamatkan diri dengan dibantu nelayan. Lebih lanjut kini kesembilan ABK saat ini sudah berada di Pos AL Muntok, usai tak ada yang mengalami luka berat.

(*/ TribunPalu.com) (Tribunnews.com)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved