Breaking News:

Parimo Hari Ini

Percepat KLA, Pemda Parimo Gelar Pelatihan KHA

Percepat Kabupaten Layak Anak (KLA) Pemerintah Daerah (Pemda) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA).

Penulis: Nur Saleha | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Percepat Kabupaten Layak Anak (KLA) Pemerintah Daerah (Pemda) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA), Jumat (3/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM, PARIMO - Percepat Kabupaten Layak Anak (KLA) Pemerintah Daerah (Pemda) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA), Jumat (3/12/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Aula Bappelitbangda Parimo.

Kepala Sub Bidang Sosial Budaya II Khairudin menjelaskan, KHA merupakan konvensi perjanjian di antara beberapa negara.

Perjanjian tersebut kata dia bersifat mengikat secara yuridis dan politis.

Khaerudin menambahkan, konvensi juga merupakan suatu hukum Internasional atau biasa disebut sebagai instrumen internasional dengan kata lain hak anak berarti hak asasi manusia untuk anak.

Lanjut Khaerudin, dasar hukum kegiatan adalah Keppres nomor 36/1990 tentang Ratifikasi KHA, Undang undang perlindungan anak Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2018 tentang Kabupaten Layak Anak, Peraturan Bupati (Perbub) nomor 4 tahun 2018 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan.

"Jadi KHA adalah perjanjian yang mengikat secara yuridis dan politis di antara berbagai Negara yang mengatur hal hal yang berhubungan dengan hak anak," jelasnya.

"Tujuan kegiatan KHA dalam rangka percepatan KLA Kabupaten Parimo tahun 2021 adalah menegakkan prinsip pengakuan atas martabat yang melekat, dan hak yang sama pada manusia terutama anak sebagai landasan bagi kemerdekaan, keadilan,dan perdamaian," tambah Khaerudin menjelaskan.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parimo Lewis mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Bappelitbangda Parimo yang telah menyelenggarakan kegiatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved