Manfaat Ketumbar

Cara Bantu Atasi Diabetes Melitus, Cukup Konsumsi Bahan Makanan Berikut, Termasuk Ketumbar

Berikut ini TribunPalu sampaikan informasi tentang manfaat ketumbar untuk mengatasi diabetes melitus atau kadar gula darah tinggi.

freepik.com/topntp26
Ketumbar menjadi satu di antara bahan alami yang memiliki banyak senyawa baik bagi tubuh. Berikut ini TribunPalu sampaikan informasi tentang manfaat ketumbar untuk mengatasi diabetes melitus atau kadar gula darah tinggi. 

TRIBUNPALU.COM - Diabetes Melitus atau penyakit gula darah tinggi merupakan salah satu gangguan yang sering dialami oleh masyarakat.

Seringkali orang mengira jika diabetes melitus ini disebabkan semata-mata hanya karena faktor keturunan.

Melansir dari laman Tribunnews, ternyata hanya 20 persen saja faktor keturunan yang menjadi pemicu adanya diabetes melitus dalam darah seseorang.

Pola hidup yang tidak sehat lantaran mengonsumsi makanan dengan tinggi kalori, obesitas, rendah serat dan jarang olahraga menjadi penyebabnya.

Jika Anda mempunyai gangguan kesehatan ini, cara-cara tradisional bisa Anda terapkan untuk mengobati diabetes melitus.

Selain rajin berolahraga, Anda juga bisa mengonsumsi rempah-rempah ketumbar.

Melansir dari laman NDTV, ketumbar dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah pada penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, biji ketumbar efektif dalam mengendalikan pelepasan insulin dari sel beta pankreas.

Baca juga: Atasi Diare dan Jaga Kesehatan Usus Dengan Bantuan Ketumbar, Berikut Caranya

Faktanya, orang yang memiliki gula darah rendah atau minum obat diabetes harus berhati-hati dengan ketumbar karena sangat efektif dalam menurunkan gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

Sebuah studi pada tikus dengan obesitas dan gula darah tinggi menemukan bahwa dosis tunggal (9,1 mg per pon berat badan atau 20 mg per kg) ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah sebesar 4 mmol/L dalam 6 jam, mirip dengan efek dari obat gula darah glibenclamide.

Sebuah studi serupa menemukan bahwa dosis yang sama dari ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah dan meningkatkan pelepasan insulin pada tikus dengan diabetes.

Jika Anda ingin menggunakannya, Anda cukup merendam biji ketumbar dalam air selama satu malam.

Kemudian meminumnya pada pagi hari saat perut masih kosong atau sebelum sarapan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Palu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved