Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Pesona Festival Malabot Tumbe 2021, Upacara Pengantaran Telur Maleo ke Keraton Banggai

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Moh Faizal Mang menghadiri Pembukaan Pesona Festival Malabot Tumbe

Penulis: Nur Saleha | Editor: Haqir Muhakir
Handover/Humas Pemprov Sulteng
Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Moh Faizal Mang turut menghadiri Pembukaan Pesona Festival Malabot Tumbe 2021 itu. Berlangsung di Alun-alun Taman Kota Banggai Kab.Banggai Laut, Sabtu (4/12/2021) malam. 

TRIBUNPALU.COM, BALUT - Pesona Festival Malabot Tumbe 2021 berlangsung sejak 4 sampai 8 Desember 2021.

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Moh Faizal Mang turut menghadiri Pembukaan Pesona Festival Malabot Tumbe 2021 itu.

Berlangsung di Alun-alun Taman Kota Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sabtu (4/12/2021) malam.

Pesona Festival Malabot Tumbe 2021 mengusung tema Malabot Tumbe, Konggolio ko Adat Tukon Montolutusan Banggai yang mempunyai arti, Malabot Tumbe, Memperkokoh Adat dan Persaudaraan Masyarakat Banggai.

Upacara Malabot Tumbe merupakan upacara pengantaran telur Maleo ke Keraton Banggai yang melibatkan tiga Kabupaten sekaligus.

Yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut.

Baca juga: Wawali dr Reny Ajak Difabel Palu Berdialog di Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021

Baca juga: Nekat Serang Pos TNI AD, Terungkap Jumlah Pasukan KKB di Yahukimo, Punya Senjata Rampasan

Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Faizal Mang berharap Festival Malabot Tumbe menjadi sarana dan upaya untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal yang tumbuh di Sulawesi Tengah, khususnya di Banggai Laut.

"Supaya tetap awet bertahan melintasi ruang zaman dan waktu," kata Faizal Mang.

Sementara itu, Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa menambahkan, Festival Malabot Tumbe juga dimaknai sebagai wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam satu komunitas yang utuh.

"Yang mengisyaratkan bahwa kita semua ini merupakan satu kesatuan masyarakat Banggai yang cinta persatuan dan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya,” ucap Sofyan Kaepa. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved