Menkes Budi Gunadi Sadikin Jelaskan Kronologi Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron di Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021).

Youtube/Sekretariat Presiden
Budi Gunadi Sadikin 

Menkes Budi Gunadi Jelaskan Kronologi Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron di Indonesia

TRIBUNPALU.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021).

Hal itu diungkapkannya pada saat konferensi pers yang juga disiarkan secara langsung melalui program Breaking News Kompas Tv.

Penemuan kasus ini bermula pada 3 orang yang terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Kemudian pada 15 Desember 2021, satu dari 3 orang pekerja kebersihan tersebut terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

“Kemenkes tadi malam telah mendeteksi ada seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember 2021."

"Kita lihat bahwa ada 3 pekerja pembersih di RS Wisma Atlet yang positif Covid-19 PCR."

"Tiga data pasien itu kita kirim ke Balitbang Kemenkes untuk diuji genome sequencing, satu dari tiga pasien positif Omicron. Yang duanya tidak," ucap Budi dalam konferensi persnya,

Baca juga: BREAKING NEWS: Menkes Umumkan Satu Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Baca juga: Dinkes Siapkan Strategi Berikut Cegah Masuknya Covid-19 Varian Omicron di Sulteng

Karang Taruna Sulawesi Tengah bersama Poltekkes Kemenkes Palu menggelar vaksinasi Sinovac dosis satu dan dua. Gerai Vaksinasi itu digelar di Jl Zebra samping Cafe Kopi Janji Jiwa, Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (30/10/2021) pagi.
Karang Taruna Sulawesi Tengah bersama Poltekkes Kemenkes Palu menggelar vaksinasi Sinovac dosis satu dan dua. Gerai Vaksinasi itu digelar di Jl Zebra samping Cafe Kopi Janji Jiwa, Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (30/10/2021) pagi. (TRIBUNPALU.COM/ALAN SAHRIR)

Lebih lanjut Menkes Budi mengatakan jika ketiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan satu varian Omicron ini tidak memiliki gejala atau OTG.

"Ketiga orang ini tanpa gejala, jadi mereka sehat, tidak ada demam, tidak ada batuk," lanjutnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) saat ini juga sedang mendeteksi 5 kasus berkemungkinan positif Covid-19 varian Omicron.

Menkes Budi menjelaskan, 2 orang termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru saja kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

Kemudian 3 orang lainnya merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok yang tiba di Manado.

"Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Covid-19 varian Omicron. Yang mana 2 kasus adalah WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved