Sulteng Hari Ini

BMKG Palu Sebut Puluhan Sesar di Sulteng Bisa Picu Gempa Besar

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Kelas l Palu sebut puluhan sesar di Sulawesi Tengah bisa memicu terjadinya gempa

Penulis: Nur Saleha | Editor: Haqir Muhakir
Tangkapan layar via zoom
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar diskusi akhir tahun, Senin (27/12/2021) sore. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM, PALU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Kelas l Palu sebut puluhan sesar di Sulawesi Tengah bisa memicu terjadinya gempa berkekuatan besar.

Hal itu diungkapkan Sub Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas l Palu, Hendrik Leopatty saat menjadi narasumber pada diskusi akhir tahun oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Tengah, Senin (27/12/2021).

Menurut Hendrik Leopatty, saat ini pihak BMKG telah memetakkan sejumlah daerah di Sulteng yang berpotensi terjadinya tsunami.

Kata dia dari catatan sejarah, sejumlah daerah di Sulteng pernah terjadi gempa besar dan tsunami.

"Kami masih validasi dan nanti kita serahkan ke BPBD kabupaten kota dan Gubernur Sulteng," paparnya.

Baca juga: Lapas Tolitoli Gelar Apel, Siaga Antisipasi Gangguan Selama Natal dan Tahun Baru

Hendri menambahkan, pihak BMKG saat ini intens memberikan sosialisasi di kampus dan sekolah yang ada di kabupaten kota di Sulteng.

"Kita harus memberikan edukasi dan sosialisasi di kampus dan sekolah sekolah. Mitigasi dan mengenal kegempaan harus diketahui sejak dini," pungkasnya.

Diketahui, turut menjadi narasumber pada diskusi akhir tahun oleh IJTI Sulteng itu antara lain Bupati Sigi diwakili Kabid Kedaruratan BPBD Sigi, Ahmad Yani, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sulteng, Debrina Riawati, dan Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Palu, Iwan Lapasere. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved