Breaking News:

Kemenkes: Ada 68 Kasus Covid-19 Varian Omicron, Pasien Alami Gejala Sedang, Ringan & Tanpa Gejala

"1 orang mengalami gejala sedang, dan 9 orang lainnya tanpa keterangan," kata Nadia dalam keterangan tertulis melalui laman resmi Kemenkes RI, Sabtu

Editor: Imam Saputro
handover
Kemenkes: Ada 68 Kasus Covid-19 Varian Omicron, Pasien Alami Gejala Sedang, Ringan & Tanpa Gejala 

TRIBUNPALU.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, 29 orang pasien mengalami gejala ringan dari total 68 kasus baru Covid-19 akibat penularan varian Omicron.

Sementara itu, 29 orang pasien tidak mengalami gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

"1 orang mengalami gejala sedang, dan 9 orang lainnya tanpa keterangan," kata Nadia dalam keterangan tertulis melalui laman resmi Kemenkes RI, Sabtu (1/1/2022).

Nadia mengatakan, 68 kasus baru Covid-19 dari varian Omicron merupakan pelaku perjalanan yang kembali dari luar negeri dan mayoritas memiliki riwayat perjalanan dari Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.

"Dan 11 orang di antaranya warga negara asing (WNA)," imbuh dia.

Nadia menuturkan, data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari penghitungan prediksi peningkatan kasus akibat Omicron dibandingkan dengan Delta dan dengan mempertimbangkan tingkat penularan dan risiko keparahan, maka didapat hasil bahwa akan terjadi peningkatan penambahan kasus yang cepat akibat Omicron.

Meski demikian, tingkat penggunaan tempat tidur rumah sakit atau ICU akan lebih rendah dibandingkan dengan periode kasus Covid-19 akibat varian Delta.

"Artinya varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi tapi dengan risiko sakit berat yang rendah," tutur Nadia.

Nadia meminta masyarakat tetap mewaspadai penularan varian Omicron karena situasi pandemi Covid-19 dapat berubah dengan cepat.

Ia juga meminta masyarakat untuk menahan diri tidak bepergian ke negara-negara dengan transmisi penularan Omicron yang sangat tinggi.

“Jangan egois, harus bisa menahan diri untuk tidak bepergian dulu ke negara dengan transmisi penularan Covid-19 yang sangat tinggi seperti Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Kita harus bekerjasama melindungi orang terdekat kita dari tertular Covid-19. Mari kita menahan diri,” ucap dia.

Adapun dengan penambahan 68 kasus baru Covid-19 dari Varian Omicron tersebut, maka total kasus varian Omicron di Indonesia kini mencapai 136.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "68 Kasus Baru Covid-19 dari Varian Omicron, Kemenkes Sebut Pasien Alami Gejala Sedang, Ringan dan Tanpa Gejala"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved