Breaking News:

Banggai Hari Ini

Kabupaten Banggai Dapat Bantuan Sarpras Tanggap Bencana dan Kebakaran dari Kemendagri

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menerima bantuan sarana prasarana (sarpras) tanggap bencana alam dan kebakaran.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover/Humas Pemkab Banggai
Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menerima secara simbolis bantuan 2 sepeda motor dan 1 unit portable fire pump dari Kemendagri RI, Senin (10/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menerima bantuan sarana prasarana (sarpras) tanggap bencana alam dan kebakaran.

Bantuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini berupa 2 unit sepeda motor trail 150 CC, dan 1 unit portable fire pump.

Penyerahan itu berlangsung secara simbolis di ruang rapat Direktorat Bina Administrasi Kewilayahan, Gedung H Lantai 3 Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Senin (10/1/2022).

Bantuan ini diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Dr Syafrizal.

Bantuan ini untuk mengoptimalisasi penyelenggaraan kebijakan sub urusan bencana dan sub urusan kebakaran di daerah.

Terdapat dua Kabupaten yang menerima bantuan serupa yaitu Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah dan Kabupaten Pulau Taliabo, Maluku Utara.

Sebelumnya, Bupati Banggai juga menerima bantuan 1 unit mobil pemadam kebakaran dari Dirjen Bina Admnistrasi Kewilayahan pada November 2021.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Dr Syafrizal menyataksn, bantuan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Kemendagri terhadap penyelenggaraan sub urusan kebakaran dan bencana.

Juga merupakan salah satu urusan wajib pelayanan dasar bagi masyarakat yang dalam pelaksanaannya terdapat Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai Permendagri Nomor 114 Tahun 2018.

"Penyerahan motor dan portable fire pump ke Pemda Banggai berdasarkan kebutuhan daerah dalam mendukung penyelenggaraan tanggap bencana dan kebakaran," kata Syafrizal.

Sementara itu, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka mengapresiasi Kemendagri atas perhatiannya kepada Pemda Banggai.

"Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Pak Dirjen kepada Pemda Banggai," ucapnya.

Tahun lalu, Pemda Banggai diberikan mobil pemadam kebakaran dan di awal tahun diberikan lagi 2 unit sepeda motor untuk mobilisasi bencana dan 1 portable fire pump untuk penanggulangan kebakaran di Kabupaten Banggai.

"Semoga ke depan kolaborasi antara Pemda Banggai dan Kemendagri dapat terus terjalin dengan baik," tutur Bupati Amirudin. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved